oleh

Harga Emas Terkoreksi Oleh Dolar AS

Jakarta, Akuratnews.com – Harga Emas turun pada perdagangan hari Kamis (10/01), gagal mencapai harga $ 1.300 per troy ons dengan posisi tertinggi di harga $ 1,298. Meski demikian, kinerja mingguan logam mulia masih membukukan kenaikan sebagai hasil dari melemahnya nilai tukar Dolar AS.


Pergerakan dolar AS menjadi faktor terbesar untuk emas. Pelemahannya sebagai konsekuensi isyarat di sekitar rencana kebijakan suku bunga oleh Federal Reserve. Dolar melemah di tengah ekspektasi the Fed akan kurang agresif dari ekspektasi sebelumnya. Setidaknya The Fed telah mengkonfirmasi suku bunga akan ditahan paling tidak hingga awal Mei.

Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell yang menekankan bahwa bank sentral akan berlaku fleksibel dan lebih sabar dalam hal kebijakan terlebih jika prospek ekonomi memburuk. Dia juga mengatakan perkiraan kenaikan dua suku bunga pada tahun 2019 adalah bersyarat pada “prospek yang sangat kuat untuk 2019.”

Meski gagal menembus $ 1.300 , tidak juga langsung menghilangkan harapan kenaikan harga emas lebih lanjut. Dolar kini tengah berusaha memangkas kerugiannya, memberikan tekanan balik kepada harga emas. Namun serangan balik ini dinilai hanya sementara, mengingat dolar tetap lunak, seperti yang diperkirakan. Pasalnya, dalam catatan kinerja tahunan, Indek itu masih turun 0,6% sejauh ini.

Melemahnya Dolar AS menjadi sentimen positif bagi komoditas dengan harga di unit AS, menjadikannya lebih murah untuk pembeli yang menggunakan mata uang lainnya. Sebaliknya, dolar yang lebih kuat dapat membebani harga.

Pergerakan Dolar masih menjadi sentiment yang konstan bagi pergerakan harga emas. Sejak tahun lalu dan berlanjut hingga saat ini, menguat atau melemahnya Dolar AS atas sejumlah mata uang lainnya, akan mempengaruhi pergerakan harga emas.

Saat ini, indek Dolar AS naik 0,4%. Mendorong harga emas turun $ 4,60, atau 0,4%, ke $ 1,287.40 per troy ons. Dalam catatan sepekan, harga logam kuning ini naik 0,1% dan telah naik 0,5% sepanjang Januari.

Pada perdagangan hari ini, harga emas masih terlihat potensi kenaikannya. Walaupun untuk sementara waktu harga cenderung berkonsolidasi. Emas melihat target koreksi terdekat di 1282.27, jika harga hari ini berakhir pada level ini atau lebih rendah, maka konfirmasi aksi jual dengan target ke 1257.60-66.44. Dorongan kenaikan harga emas masih mencoba menembus $1300, dengan target 1302,97-07,32. Aksi beli menguat di 1323,60, dengan target di 1357,50-66,06. (LH)

Komentar

News Feed