Layanan Mudik Gratis

Hari Ini, Pemkab Sidoarjo Berangkatkan Puluhan Bus Mudik

Bupati Saiful Ilah saat memberangkatkan bus mudik gratis dari pelataran Pendopo Delta Wibawa. (Foto Dok. Akuratnews,com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Kepedulian pemerintah daerah memberikan kemudahan warganya yang ingin pulang ke kampung halaman, berupa layanan mudik gratis saat jelang lebaran, patut diacungi jempol. Hal itu sebagaimana dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur yang dimotori Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo, saat menggelar mudik gratis bagi masyarakat setempat setiap tahun mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Tahun ini, Pemkab Sidoarjo memberangkatkan puluhan armada bus yang mengangkut ribuan warga Sidoarjo mudik gratis ke tujuh daerah di wilayah Jawa Timur.

Puluhan bus mudik gratis itu diberangkatkan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, Sekda, H. Achmad Zaini dan Kepala Dishub Sidoarjo, H. Bahrul Amig, serta disaksikan jajaran Forkopimda dan sejumlah undangan lainnya, bertempat di pelataran Pendopo Delta Wibawa, Senin pagi (3/5/2019).

"Tidak semua orang bisa pulang ke kampung halaman saat hari raya Idul Fitri. Alasan inilah, Pemkab Sidoarjo mengadakan mudik gratis, dengan tujuan agar mereka yang tidak bisa pulang kampung, sekarang bisa diwujudkan, "kata Bupati Saiful Ilah.

Sebelumnya, Kabid Angkutan Dishub Sidoarjo, Edy Sutiono pada Akuratnews.com, Jumat (31/5/2019) menjelaskan, mudik gratis ini bisa diikuti seluruh masyarakat Sidoarjo tanpa terkecuali. "Syaratnya mudah, hanya menunjukkan kartu identitas diri, yakni kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP), "katanya.

Ditambahkan, agar perjalanan mudik gratis ini lancar, nyaman dan selamat sampai tujuan, bukan bus ekonomi yang digunakan untuk mengangkut mereka, melainkan bus non-ekonomi dilengkapi pendingin ruangan (AC).

"Kali ini, ada 35 unit bus dengan rute jurusan tujuh daerah di Jawa Timur, yakni Magetan sebanyak 9 bus, Ponorogo 8 bus, Trenggalek 8 bus, Jember 5 bus, Banyuwangi 3 bus serta Blitar dan Bojonegoro masing - masing 1 bus. Sedangkan, mereka yang berkesempatan menikmati layanan mudik gratis ini sebanyak 1925 orang," ujarnya.

Selain menumpang bus non-ekonomi dan ber-AC, sambung Edy, para pemudik gratis ini juga mendapatkan fasilitas bingkisan berisi makanan kecil dan air mineral, serta pemeriksaan kesehatan.*

Baca Juga