Hari Ini Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri

Simalungun, Akuratnews.com - Pemerintah secara resmi baru akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1438 Hijriah pada sore nanti. Namun ribuan pengikut tarekat Naqsabandiyah al Kholidiyah Jalaliyah di Kabupaten Simalungun dan Batubara, Sumatra Utara sudah merayakan Idul Fitri hari ini, Sabtu (24/6/17).

Perayaan Idul Fitri jemaah Naqsabandiyah al Kholidiyah Jalaliyah ditandai dengan pelaksanaan salat id yang digelar di masjid Pesantren Syekh Salman Daim di Kecamatan Bandar Masilam, Simalungun pada Sabtu pagi.

Salat id ini diikuti sekitar 1.500 jemaah yang berasal dari sejumlah daerah di Kabupaten Simalungun dan Batubara. Sebelum salat id dimulai, para jemaah mengumandangkan takbir memuji kebesaran Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap tahunnya, pelaksanaan ibadah puasa maupun Idul Fitri, jemaah Tarekat Naqsabandiyah al Kholidiyah Jalaliyah selalu lebih awal satu atau dua hari dari ketetapan pemerintah.

Menurut pengurus jemaah Naqsabandiyah al Kholidiyah Jalaliyah Syekh Muda Muhammad Yusuf, mereka menetapkan awal bulan Ramadan dan awal Syawal berdasarkan sistim hisab komariah atau perhitungan posisi bulan yang dihitung setiap delapan tahun sekali.

Meski sudah merayakan Idul Fitri namun jemaah tarekat Naqsabandiyah al Kholidiyah Jalaliyah tetap menghormati umat Islam lainnya yang masih menjalankan ibadah puasa.

(Mdi)

Penulis:

Baca Juga