Kampanye Terbuka Pemilu 2019

Hari Pertama Kampanye: Banyak Pelanggaran Dilakukan Kedua Kubu Capres

Foto ilustrasi

"Adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil yang hadir, terlibat dalam kegiatan kampanye."

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkap adanya ketidakpatuhan atau pelanggaran yang dilakukan kedua kontestan Calon Presiden, baik kubu 01 maupun kubu 02. Sejumlah pelanggaran itu dilakukan di hari pertama kampanye terbuka pada Minggu, (24/3/2019).

Hal itu diungkap anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, Senin (25/3/2019). Salah satu pelanggaran yang mencolok adalah kampanye dengan membawa anak. Padahal sesuai kesepakatan bersama tidak boleh membawa anak di bawah umur.

Pelanggaran lainnya adalah penggunaan fasilitas negara, di mana dilaporkan ada beberapa pejabat yang menggunakan mobil pemerintah.

"Ada beberapa yang menggunakan mobil pemerintah," kata Fritz.

Selain itu, Bawaslu juga mencatat adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil yang hadir, terlibat dalam kegiatan kampanye. "Padahal sesuai UU 7/ 2017 tentang Pemilu, ASN harus menjaga netralitas mereka." ungkapnya.

Dalam hal temuan pelanggaran ini, Bawaslu memastikan akan menindak tegas pelanggaran yang terjadi dalam kampanye terbuka kemarin.

Meski tak merinci tempat kejadian perkara, namun Fritz menuturkan sejumlah pelanggran itu terjadi di daerah. Dalam hal ini,  sejumlah pelanggaran itu langsung ditindaklanjuti Bawaslu daerah. Demikian Fritz mengabarkan.

Editor : Red/Akuratnews.com

Penulis:

Baca Juga