Ketua DPD Pujakesuma Medan

Hartono Ekowadi SH : Berjuang Untuk Berbakti Dan Membantu Masyarakat

Medan, Akuratnews.com - DPD Pujakesuma Kota Medan saat ini terus berupaya untuk mengembangkan budaya Jawa peninggalan leluhur terdahulu di Sumatera Utara khususnya Medan melalui berbagai kegiatan budaya dan sosial kemasyarakatan. Hal ini dikatakan Hartono Ekowadi SH Ketua DPD Pujakesuma Kota Medan kepada Akuratnews.com di Medan, Jumat (5/4/2019).

Disebutkannya, Pujakesuma bukan saja tempat berkumpulnya orang orang Jawa yang ada di Sumatera namun diharapkan dapat berkontribusi bersama sama dengan saudara saudara lainnya yang berbeda suku untuk membangun Sumatera Utara yang rukun, aman, damai dan sejahtera.

"Semboyan Rukun, Raket, Regeng lan Rumekso adalah filosofi budaya Jawa yang dipegang teguh dalam beradaptasi dilingkungan sendiri maupun dilingkungan masyarakat secara luas" ungkap Hartono.

Dikatakannya, selain mengembangkan budaya leluhur, Pujakesuma juga melakukan kegiatan bersifat sosial terhadap masyarakat maupun keluarga besar Pujakesuma. Pengembangan budaya itu antara lain ngamen Kuda Lumping keliling, sendratari Jawa, Ketoprak dan seni budaya Jawa lainnya.

Hartono Ekowadi SH yang juga dikenal sebagai Direktur Utama PT SAS yang bergerak dibidang pengadaan tenaga Security handal dan Cleaning Service ini dikenal memiliki talenta kepemimpinan yang sangat bagus. Dia juga menduduki beberapa jabatan organisasi diantaranya Walikota LIRA Kota Medan, Ketua Radio Jawa (RAJA) FM 107.8 Mhz, Bendahara Paguyuban AREMA Medan dan juga Deklarator Pagar Jati (Paguyuban Arek Jawa Timur) Sumut.

" Pujakesuma Medan juga saat ini telah memiliki unit mobil ambulance yang setiap saat siap digunakan untuk membantu masyarakat Medan yang membutuhkannya" ungkap Hartono.

Lebih lanjut dijelaskannya, bersama dengan pengurus DPD Pujakesuma, tim relawan RAJA (Radio Jawa), dan Pengurus DPC Pujakesuma Kecamatan telah melakukan kegiatan fogging kepada masyarakat sekaligus sosialisasi diantaranya di Kecamatan Medan Polonia dan Maimon.

Selain itu, telah dilakukan pemberian bantuan bergulir untuk program kerja usaha mikro dalam rangka membantu usaha pengurus dan anggota Pujakesuma Kota Medan.

Dalam kiprahnya untuk mengangkat derajat masyarakat khususnya masyarakat Jawa, Hartono Ekowadi SH berusaha untuk selalu mendengar, melihat, berbuat, berjuang, berbakti dan membantu masyarakat . Untuk lebih menguatkan peranan tersebut, dilakukannya dengan terjun ke dunia politik melalui Partai Perindo dan maju dalam Pemilihan Legislatif yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. sebagai Calon Anggota DPRD Medan 2019 - 2024 Partai Perindo Nomor Urut 1 Daerah Pemilihan (Dapil) V )Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Polonia dan Medan Maimon).

Hartono mengatakan, tujuannya mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Kota Medan adalah untuk mengangkat harkat dan martabat wong Jowo yang selama ini hanya menjadi ancik ancik.

"Sekarang harus berbuat untuk wong Jowo di Medan. Saya juga ingin menjadi tempat mengadu wong Jowo di parlemen" ujar Hartono.

Perlu di ketahui , lanjut Hartono, bahwa demografi orang Jawa di Medan sekitar 33% tapi kita tidak sadar bahwa anggota DPRD Kota Medan hanya 2 orang yg berasal dari suku Jawa.

"Selain dari pada itu dari 151 Lurah tidak ada satupun orang Jawa. Untuk itu saya mengajak dan menghimbau wong Jowo di Medan bersatu untuk memilih anggota DPRD dari suku Jawa" himbaunya.

Keinginan saya, lanjut Hartono, selain mengangkat harkat dan derajat warga Jawa di Sumatera Utara juga sebagai bentuk pengabdian saya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Terkait dengan pesta demokrasi pada 17 April 2019 mendatang menurut Hartono Ekowadi SH, untuk memilih Wakil Rakyat harus yang berjiwa pemimpin, memperhatikan rakyatnya dan bersedia terjun terus ditengah tengah masyarakat.

Hartono menambahkan, saat ini Partai Perindo berkolaborasi dengan DPD Pujakesuma Kota Medan dalam melakukan berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat.

"Kita berharap upaya yang dilakukan ini memberi manfaat seluas luasnya kepada masyarakat kota Medan. Untuk itu doa dan dukungan masyarakat Medan khususnya warga Jawa sangat diharapkan pilihannya pada 17 April 2019 mendatang agar saya dapat mengabdi lebih luas lagi kepada masyarakat. Ingat partai Perindo Dapil V nomor urut 1 Hartono Ekowadi SH " pungkasnya.

Baca Juga