Henry Indraguna Sebut Isu Pandora Papers Bukan Jalan Runtuhkan Golkar

AKURATNEWS - Baru-baru ini, isu Pandora Papers menyeret sejumlah nama pejabat dan petinggi negara hingga pesohor dunia. Di Indonesia, nama Menko Maritim dan Investasi (Mariives), Luhut B Pandjaitan dan Menteri Kordinator Perekonomian, Airlangga Hartato disebut-sebut dalam isu ini.

Namun, upaya mengkaitkan isu Pandora Papers dengan Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar dipandang terlalu absurd dan terlalu dini.

"Perlu dipahami, pertama adalah apakah memang benar-benar terlibat atau tidak. Sebab menurut hemat saya sumber dari isu tersebut belum jelas dan akurat, masih perlu dilakukan penelitian yang mendalam termasuk mengenai dari mana laporan tersebut berasal, bagaimana fakta dan bukti pendukungnya," ujar anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Henry Indraguna, Selasa (12/10/2021).

Menurut Henry, dari perspektif politik, hal tersebut bukanlah suatu skenario politik menjatuhkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) atau juga meruntuhkan posisi Golkar di pemerintahan saat sekarang.

"Itu hanya merupakan isu-isu biasa yang belum tentu kebenaran keakuratannya," tegas founder Henry Indraguna Law & Firm ini.

Namun sebaliknya, jika ada kader Partai Golkar yang memberikan respon kritis maupun yang justru memanfaatkan isu tersebut asal untuk tujuan yang produktif, ia menilai sebagai suatu kewajaran.

Dan semuanya dilakukan untuk memberikan perspektif dalam membangun Partai Golkar ke arah yang lebih baik, menjadi partai politik yang memiliki integritas tinggi.

"Jika ada anggapan manuver tersebut sebagai tindakan untuk 'mengusik' kursi panas Ketum Golkar, saya kira tak lebih kepada penyampaian pandangan atau aspirasi dari kader Golkar dan dari unsur Kosgoro 1957. Jadi wajar-wajar saja jika seorang kader Golkar atau dari salah satu Kino Golkar menyampaikan pandangan atau aspirasi kepada Ketum Golkar," jelas Henry.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga