Hingga November 2020, 43 WNI di Korsel Terpapar Covid-19

Jakarta, Akuratnews.com - Terkait masih merebaknya pandemi Covid-19, Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan diminta memberikan perhatian khusus terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan.

Berdasarkan data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), saat ini tercatat ada lebih dari 37 ribu orang warga Indonesia yang menetap di Korea Selatan. Lebih dari 1.400 diantaranya adalah pekerja dan mahasiswa yang tinggal di Kota Daegu, salah satu pusat penyebaran virus Covid-19 di Korea Selatan.

"Kementerian Luar Negeri Indonesia mencatat hingga awal November 2020 ini sudah ada 43 WNI di Korea Selatan yang terpapar Covid-19. Alhamdulilah, 41 diantaranya sudah sembuh dan 2 sudah mulai stabil. Sebagai sahabat, kita mendukung berbagai langkah pemerintah Korea Selatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 disana, dengan tak lupa memberikan perhatian khusus kepada para WNI yang terkena Covid-19," ujar Ketua MPR, Bambang Soesatyo saat menerima Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Sanghee di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Rabu (25/11).

Turut hadir dalam kesempatan ini, anggota Parlemen Korea Selatan, antara lain Nam Insoon, Kwon Insook, Yang Kumhee, Min Byoungdug, Lee Yong, Kim Myungsin, Hwang Seungki, dan Lim Jeung. Hadir pula Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom.

Ketua DPR RI ke-20 ini menilai, hubungan bilateral Indonesia - Korea Selatan sudah meningkat tajam dalam beberapa dekade terakhir. Terutama sejak ditandatanganinya Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation in the 21st Century oleh kedua Kepala Negara pada 4 Desember 2006.

Kemitraan ini kemudian ditingkatkan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Moon Jae-in menjadi Special Strategic Partnership pada 9 November 2017.

Penulis:

Baca Juga