Hitoshi Tanaka: Kekuatan Militer China Picu Kekhawatiran di Asia

Kekuatan Militer China. (foto istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - Perkembangan ekonomi dan militer China yang terus meningkat dalam 1 dekade ini membuat hegemoni China di tingkat global memicu kekhawatiran negara-negara di Asia, terutama peranan militer China yang agresif.

Pakar strategi internasional dari Institute for International Strategy the Japan Research Institute yang juga Mantan wakil menteri Luar Negeri Jepang, Hitoshi Tanaka bahkan memprediksi China akan berkembang sebagai kekuatan besar di Asia menggeser hegemoni Amerika Serikat (AS).

Selain itu, Kebangkitan ekonomi dan militer China mendongkrak PDB mereka yang mencapai 60 persen dari PDB Amerika Serikat. Hal itu diungkap Tanaka dalam seminar yang diselenggarakan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta, Kamis.

Dalam ulasannya, Tanaka juga membahas bagaimana hegemoni AS serta kebangkitan China yang cepat yang berdampak terhadap Jepang, terutama kemampuan China di masa depan.

Tanaka mengatakan, Hegemoni China yang agresif membangun kemampuan militer di Laut China Selatan dan Laut China Timur memaksa negara lain mengubah pandangan mereka tentang kekuatan China. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga