oleh

HNW Tanggapi Isu Debat Capres di Kampus

Jakarta, Akuratnews.com – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) menanggapi perihal usulan debat Capres dan Cawapres di kampus oleh pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga S Uno.

Menurut dia, kampus merupakan salah satu Institusi keberadaan rakyat Indonesia. Dimana lanjut dia, relatif orang-orang terdidik dan cerdas berada di kampus.

“Tapi kampus adalah satu dari komponen rakyat Indonesia. Jadi kalaupun diselenggarakan di kampus, itu tidak satu-satunya. Mungkin sebagiannya di kampus, mungkin sebagiannya di pasar, mungkin sebagiannya di gedung olahraga, mungkin sebagiannya di tv seperti yang selama ini terjadi. Tapi tentu saja akan ada yang terkait masalah keamanan, pengamanan, dan itu semuanya pasti harus dipertimbangkan,” tutur HNW kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Meski demikian, HNW juga tidak mau mengakui apakah dirinya setuju atau tidak jika debat Capres dilakukan di kampus. Kata dia, ide itu bisa saja dilakukan namun tidak harus satu-satunya.

“Karena sekali lagi Rakyat Indonesia itu segmentasinya sangat beragam. Ada yang di kampus, ada yang di pasar, ada yang di olahraga, ada yang di gedung, dan silakan nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengatur,” tegas dia.

Terkait dengan keikutsertaan mahasiswa sebagai panelis yang berhubungan dengan politik dan debat Capres, HNW mengaku setuju. Namun dirinya meminta agar tidak mahasiswa saja, melainkan yang lain juga ikut serta.

“Sebagai bagian dari rakyat Indonesia ya boleh saja. Tapi sekali lagi jangan hanya mahasiswa, karena Indonesia kan isinya bukan hanya mahasiswa, ada mahasiswa, ada petani, buruh, nelayan, wartawan, seniman, dan sebagainya. Jadi kalau untuk mereka adalah bagian dari rakyat Indonesia diberi hak untuk bertanya, saya kira boleh-boleh saja, tapi jangan hanya mahasiswa, silakan yang lain juga,” tandasnya. (Rhm)

Komentar

News Feed