Pj Bupati Akui RS Rujukan Pasien Covid-19 di Sidoarjo Penuh

Sidoarjo, Akuratnews.com - Belakangan kasus Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo telah mengalami lonjakan. Salah satu penyebabnya, libur panjang beberapa hari sebelumnya.

Sementara, ruang isolasi pasien Covid-19 dengan komorbit (penyakit penyerta) yang tersedia di rumah sakit rujukan di Sidoarjo sudah penuh saat ini. Sedangkan, isolasi pasien Covid-19 tanpa komorbid ditempatkan di hotel.

Demikian dikemukakan Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono seusai meresmikan sejumlah program kegiatan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Rabu (30/12).

"Maka itu, untuk pasien dari luar Sidoarjo kita stop, sambil kita cari tempat dulu. Kita sudah siapkan di hotel, tapi masih butuh persiapan," katanya.

Hudiyono juga mengungkapkan, tingkat kesembuhan pasien virus Corona di Sidoarjo menurun, dari 92,78% menjadi 92,71%. Begitu pula, kluster sebaran Covid-19 terdapat kluster keluarga dan ASN.

"Pasien Covid-19 di Sidoarjo naik itu gara-gara libur panjang, bukan karena pilkada atau pilkades," ujarnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, sambung Hudiyono, pihaknya pun memberlakukan jam malam jelang pergantian tahun, guna mengantisipasi terjadinya kerumunan.

"Kami harap masyarakat tidak berpersepsi buruk atas kebijakan pemerintah terkait jam malam, karena ini semata-mata untuk menekan atau mengurangi (pasien Covid-19). Daripada mengobati, lebih baik kita mencegah," tandasnya.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga