Hujan Sejak Kemarin, Jakarta dan Bekasi Diserbu Banjir Lagi

Jakarta, Akuratnews.com - Hujan yang terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Kamis (18/2) kemarin membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan Kota Bekasi terendam banjir pagi ini dengan ketinggian air mulai 50 cm hingga 150 cm.

Di kawasan Kemang Utara Raya, Jakarta Selatan, banjir setinggi 60 hingga 70 cm menggenangi kawasan tersebut.

Banjir juga menggenangi RT 10/RW 06, Bukit Duri, Jakarta Selatan sejak dini hari tadi. Lalu kawasan Cipinang Melayu yang sejak pukul 05.00 WIB ketinggian air di kawasan itu mencapai 50 cm.

Selain itu, banjir juga merendam wilayah RW 9, Kebon Pala, Jakarta Timur. Ketinggian air sekitar 40 sampai 60 cm. Lalu di 11 wilayah RW di Jakarta Barat, ketinggian air berkisar 21 hingga 70 cm.

Selain itu, banjir juga terjadi di pemukiman warga sekitar jalur BKT, Pondok Kopi, Jakarta Timur. Tercatat, genangan mencapai hingga sekitar 44 cm.

11 wilayah RT di Jakarta Barat ketinggian airnya berkisar 21 hingga 70 sentimeter. Genangan air juga muncul di sebagian wilayah Kecamatan Kalideres dan Kecamatan Cengkareng sejak pukul 01.42 WIB.

Wilayah yang dilaporkan tergenang banjir yakni adalah RW 02, RW 03, dan RW 15 Kelurahan Tegal Alur serta RW 03 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres.

Kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Cengkareng yakni RW 06 Kelurahan Cengkareng Barat, RW 15 Kelurahan Kapuk, RW 03 Cengkareng Timur, RW 02 dan RW 03 Rawabuaya, serta RW 04 dan RW 05 Kembangan Utara.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyebut, 12 kecamatan terendam banjir akibat hujan deras sejak pukul 01.50 WIB. Bahkan, di beberapa wilayah banjir mencapai 150 cm.

"Kecamatan Rawalumbu, cuaca hujan intensitas deras disertai angin. Kejadian, Taman Narogong Indah, (banjir) 60-150 cm," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa dalam keterangannya.

Berdasarkan data BPBD, di Rawalumbu setidaknya ada lima lokasi titik banjir yang tercatat. Misalnya, perumahan PHP yang tergenang 60-120 cm. Kemudian, perumahan Bumi Bekasi Baru dengan ketinggian banjir mencapai 60-90 cm.

Banjir juga melanda Kecamatan Pondok Gede. Di perumahan Jatibening Permai, Kelurahan Jatibening ketinggian air mencapai 130 cm, sementara, di wilayah perumahan Sarigaperi ketinggian air mencapai 60 cm.

Banjir juga merendam Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria setinggi 30 cm. Selanjutnya, perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur, banjir menggenangi kawasan tersebut setinggi 40-60 cm.

Salah satu Kecamatan yang banyak terdampak banjir ialah Bekasi Barat. Setidaknya ada tujuh lokasi titik banjir yang ditemukan. Tertinggi, banjir dapat ditemui di Perumahan Mas Naga, Kelurahan Bintara Jaya dengan ketinggian air mencapai 50-70 cm. Sementara, tinggi muka air di kali Bumi Satria Kencana sudah mencapai 120 cm.

"Kecamatan Bekasi Barat, hujan dengan intensitas deras," ujar Agus.

Dalam data tersebut, disampaikan terdapat beberapa Kecamatan yang belum ditemui genangan air. Namun, hujan dengan intensitas deras masih mengguyur. Misalnya di Kecamatan Bekasi Utara, Kecamatan Pondok Melati, Kecamatan Jatisampurna, dan Kecamatan Bantar Gebang.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga