HUT Ke-72, Kasau Beri Kado Buku “Heroisme PGT” kepada Korpaskhas

Jakarta, Akuratnews.com - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, memberikan buku berjudul "Heroisme PGT Dalam Operasi Srigala" sebagai kado untuk Korpaskhas yang berulang tahun ke-72.

Pemberian buku tersebut diterima oleh Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono seusai upacara peringatan HUT ke-72 di Mawing I Paskhas, Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Buku yang ditulis tim Subdisjarah Dispenau, mengisahkan perjuangan penyusupan 119 prajurit PGT atau Pasukan Gerak Tjepat yang saat ini berubah nama menjadi Korpaskhas TNI AU dengan cara diterjunkan dari pesawat terbang di daerah Klamono dan Teminabuan, Sorong pada Mei 1962.

Meski pertempuran tidak seimbang, karena PGT diserang Belanda menggunakan kekuatan udara dan darat serta didukung kelompok yang memihak Belanda, namun dengan semangat pantang menyerah prajurit PGT berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di Teminabuan, Irian Barat untuk pertama kalinya. Peristiwa ini telah berdampak psikologis bagi Belanda, dan memberikan semangat kepada pasukan kawan, baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut.

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, mengapresiasi torehan tinta emas prajurit PGT sebagai dedikasi dan pengabdian kepada NKRI. Kemudian Kasau memerintahkan Kadispenau untuk menulis kisah tersebut dalam sebuah buku.

Setelah enam bulan Tim Subdisjarah melakukan survey ke lapangan, wawancara dengan pelaku sejarah, mengumpulkan berbagai bahan dan merangkai tulisan, tepat satu minggu sebelum HUT ke-72 Korpaskhas, buku Heroisme PGT Dalam Operasi Serigala tahun 1962 selesai dan sekaligus menjadi kado dari Kasau kepada Korpaskhas.

Penulis: Yandi Permana
Editor:Redaksi

Baca Juga