HUT ke-73, TNI AU Lebih Dekatkan Diri Pada Rakyat

Jakarta, Akuratnews.com - TNI Angkatan Udara memperingati hari jadinya yang ke-73 hari ini, Selasa (9/3/2019) di Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur.

Tema kali ini TNI AU mengangkat Tema 'Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Inovatif dan Kemanunggalan Bersama Rakyat, TNI AU Siap Melaksanakan Tugas Matra Udara Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI'.

Upacara peringatan HUT TNI AU kali ini memang dilaksanakan sederhana tanpa ada defile pasukan dan kendaraan tempur, fly pass pesawat tempur maupun demo udara seperti tahun-tahun sebelumnya.

TNI AU memilih lebih mendekatkan diri kepada masyarakat melalui kegiatan pesta rakyat yang digelar pada 7-8 April dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Peringatan ke-73 hari angkatan udara tahun 2019 ini kita laksanakan secara sederhana, konsep tahun ini pesta rakyat," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Menurutnya, konsep ini sebagai manifestasi sebagai kemanunggalan dengan rakyat. "TNI AU lahir dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan hasilnya untuk kepentingan rakyat," ujarnya.

Yuyu mengungkapkan, peringatan hari Angkatan Udara ke-73 ini merupakan momentum yang tepat untuk melestarikan nilai-nilai historis perjuangan Angkatan Udara sejak awal berdiri.

Ia juga mengutip kata-kata Bung Karno tentang peran TNI AU yang memiliki peran strategis dalam rangka menegakan kedaulatan negara.

"Presiden Soekarno pada peringatan ke-9 hari AURI tahun 1995 menyatakan, kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern," tegasnya.

"Untuk itu, peran penting TNI AU tersebut harus kita implementasikan dalam tugas dan pengabdian kita sehari-hari," sambungnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor: Luqman Haqeem

Baca Juga