Hybrid, Cara Budi Luhur Silaturahmi Halal Bil Halal

Halal Bil Halal Universitas Budi Luhur, perayaan Iedul Fitri 1442 H, yang digelar secara Hybrid di Kampus Univ. Budi Luhur.

Jakarta, Akuratnews.com - Halal Bil Halal telah menjadi tradisi masyarakat tanah air dalam menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri sejak bertahun-tahun. Dalam ajaran Islam sendiri, tidak ada halal bil halal. Namun, semangat bersilaturahmi lah, yang menjadi tonggak tradisi Halal bil Halal bertahan hingga hari ini dan seakan sudah menjadi bagian wajib dalam ritual ibadah hari raya di tanah air.

Pandemi Covid-19 tidak menjadikan Halal bil Halal harus dieliminasi dalam gelaran tradisi. Hal ini dibuktikan bagaimana Universitas Budi Luhur menggelar halal bihalal, yang dilakukan secara hybrid. Acara ini diselenggarakan virtual melalui Zoom dan kanal YouTube dan offline di Graha Mahardika, Universitas Budi Luhur, Jakarta pada Selasa, 25 Mei 2021.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, MBA, menyampaikan tahun hijiriah yang kini telah mencapai 1442 Hijiriah, menjadi momen dan pesan tersendiri bagi Budi Luhur. Yang mana hal ini dikaitkan nya dengan usia Budi Luhur.

"Suatu kebahagiaan, kami mengucupakan hari raya Idul Fitri 1442, di mana angka 42 itu mengikut angka ulang tahun Budi Luhur begitu juga selanjutnya 43, Budi Luhur ulang tahun ke-43," ujar Pak Aang sapaannya.

Pak Aang berharap, di kondisi pandemi sekarang ini tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan 3M (masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Ia mengatakan, di balik pandemi terdapat peluang yang bisa diraih.

"Kita sabar menghadapi pandemi ini, di balik pandemi ini banyak peluang yang bisa dicari jangan menunggu. New normal, tapi sudah 1 tahun banyak yang melepas masker. Berarti bukan kita sembrono, kita harus tetap 3M," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar civitas akademika Universitas Budi Luhur dan mengajak saling maaf memaafkan.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga