IKA SMPN 1 Sinjai Bangun Masjid, Bupati ASA Beri Apresiasi

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nur Ilham IKA SMPN 1 Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nur Ilham IKA SMPN 1 Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Hasan Basri Ambarala bersama Bupati Andi Seto Asapa (ASA) menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nur Ilham IKA SMPN 1 Sinjai, Rabu (8/4/2021).

Bupati ASA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menyambut baik keinginan dari para alumni SMPN 1 Sinjai untuk membangun masjid ini.

"Kita berharap niat baik kita semua ini mendapatkan balasan surga. Kami juga berharap, pihak panitia bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sinjai, sehingga dalam pembangunannya tidak melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," jelasnya.

Masjid Nur Ilham IKA SMPN 1 ini kata ASA, tidak hanya dapat dinikmati oleh pihak sekolah, namun manfaatnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat lainnya yang berada disekitar sekolah ini.

"Semoga sumbangsih-sumbangsih yang datang ini bukan hanya dari alumni, tetapi saya pikir disekeliling sekolah banyak warga yang punya usaha-usaha, sehingga bisa membantu percepatan penyelesaian pembangunan masjid ini," harapnya.

Sementara Hasan Basri Ambarala yang juga selaku Pelaksana Tugas Kadis Sosial Sulsel mengaku sangat mendukung rencana pembangunan masjid, dengan harapan dapat menjadi sarana dalam rangka menyemarakkan syiar Islam.

"Selaku Pemerintah Provinsi Sulsel kami sangat mendukung dan akan turut memberikan sumbangsih pembangunan," katanya.

Selain itu, Ambarala yang merupakan putra asal Sinjai ini mengharapkan kepada panitia pembangunan dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan agar senantiasa membantu kelangsungan proses pembangunan, baik dalam bentuk moril, material, dan nantinya masjid dapat dipelihara dengan sebaik-baiknya dalam membantu pemerintah untuk mengentaskan buta aksara Al Qur'an.

"Semoga dengan keberadaan masjid ini nantinya benar-benar dapat memenuhi fungsinya terhadap kelangsungan pembinaan umat di daerah ini. Terutama dalam meningkatkan iman ketakwaan dan berkarakter baik, berbudi luhur, dan berakhlak mulia," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Suarman dalam laporannya mengungkapkan, pembangunan masjid ini diinisiasi oleh para alumni SMPN 1 Sinjai, mengingat keberadaan mushallah yang ada saat ini tidak bisa lagi menampung seluruh siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah.

"Jumlah keseluruhan siswa mencapai 800 orang, sehingga dalam melaksanakan salat berjamaah biasanya membutuhkan waktu yang lama karena dilaksanakan secara bergantian. Hal inilah yang melatar belakangi perlu dibangun sebuah masjid yang representatif," jelasnya.

Mewakili pihak sekolah, Suarman menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang membantu rencana pembangunan, baik berasal dari para alumni maupum para donatur lainnya, termasuk sumbangan pribadi dari Bupati ASA.

Dalam peletakan batu pertama ini turut disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Lukman H. Arsal, para Forkopimda, Dewan Penasihat Pembangunan Masjid Nur Ilham Prof. Dr. Arismunandar, para Kepala OPD, jajaran dan alumni SMPN 1 Sinjai.

Penulis: Ashari

Baca Juga