Piala AFF U-15

Imbang Versus Timor Leste, Timnas U-15 Masih Runner Up

Chonburi, Akuratnews.com - Tak mampu menggusur pemuncak klasmen, Timnas U-15 Indonesia harus puas tetap menjadi runner up grup usai berbagi angka dengan Timor Leste di laga ketiga Grup A Piala AFF U-15 2019.

Bertempat di Stadion IPE, Chonburi, Thailand, Rabu (31/7) sore WIB, laga timnas U-15 Indonesia vs Timor Leste berakhir dengan skor 1-1.

Dengan hasil ini, Indonesia mengumpulkan dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga awal Piala AFF U-15 2019.

Skuad Garuda Muda mencoba mengepung pertahanan Timor Leste pada menit-menit awal. Indonesia memperoleh peluang pertama pada menit ke-4, lewat tendangan Valeron yang masih melambung di atas gawang Timor Leste.

Timor Leste juga bukan tanpa peluang. Pada menit ke-18, mereka mempunyai peluang memimpin lewat situasi bola mati. Akan tetapi, sepakan Paulo Freitas masih melambung.

Marselino berkesempatan untuk membuat Indonesia unggul pada menit ke-21, tetapi tendangan bebasnya masih membentur pagar betis Timor Leste.

Paulo Freitas kembali menebar ancaman pada menit ke-30. Sayang, sepakan kerasnya masih bisa ditepis I Made Putra.

Menjelang laga berakhir, Valeron mendapatkan peluang emas. Nahas, tendangannya masih membentur mistar gawang. Hingga jeda pertandingan, kedua tim tak mampu menciptakan gol.

Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia akhirnya tercipta pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-45. Adalah Marselino Ferdinan yang mampu membuka keunggulan Garuda Muda lewat dua sentuhan.

Namun, alih-alih menambah keunggulan, Indonesia justru kecolongan pada menit ke-56. Lolos dari jebakan offside, Paulo Freitas dengan tandukannya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada menit ke-59, Indonesia mendapatkan hadiah penalti seusai Fernando Carvalho handsball di kotak penalti Timor Leste. Sialnya, tendangan titik 12 pas Mochammad Faizal mampu dibaca kiper Timor Leste, Filonito Nogueira.

Memasuki menit ke-69, Indonesia memperoleh peluang lewat tandangan jarak jauh Valeron tetapi masih melambung tinggi. Hingga 2x40 menit, skor 1-1 tetap bertahan.

Di laga selanjutnya, timnas U-15 Indonesia akan berhadapan dengan Filipina pada Jumat (2/8).

Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pada Senin (29/7) menerima pengaduan dari satu di antara tim peserta Piala AFF U-15 2019 terkait dugaan pencurian umur yang dilakukan kontestan dalam turnamen usia muda itu.

AFF dalam laman resmi, Rabu (31/7), merilis informasi tersebut. AFF tidak mengungkap, tim mana yang mengajukan protes tersebut, begitu pula tim atau pemain yang jadi objek protes.

"Protes itu dilakukan mengacu persyaratan prosedural yang ditetapkan dalam Peraturan Turnamen AFF U15 2019. AFF sedang melakukan penyelidikan yang diperlukan dan telah meminta pihak terkait untuk menetapkan fakta," demikian pernyataan AFF.

"Setelah investigasi selesai dan keputusan tercapai, AFF kemudian akan merilis pernyataan resmi," lanjut pernyataan AFF tersebut, seperti dilansir dari situs resmi AFF, Rabu (31/7).

Meski AFF belum mengungkap jati diri pihak yang mengajukan protes serta objek protes, diduga hal itu melibatkan Myanmar dan Timor Leste.

Myanmar sebagai pihak yang mengajukan protes, serta pihak yang diprotes adalah Timor Leste. Lebih detailnya, pemain yang dimaksud adalah Paulo Gali Freitas, kapten Timnas Timor Leste U-15.

Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) mengajukan protes ke AFF setelah pertandingan kontra Timor Leste pada matchday kedua penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019, Senin (29/7/2019). Pada laga itu, Timnas Myanmar U-15 kalah 1-3.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga