Inalillahi… Kabinda Papua Tewas Ditembak KKB

AKURATNEWS - Kabar duka datang lagi dari TNI. Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tewas tertembak di Beoga, Papua, Minggu (25/4).

Danny ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat mendatangi lokasi pembakaran yang dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, dikutip dari Antara, Minggu (25/4).

Danny tertembak ketika KKB memberondongkan tembakan di gereja sekitar Kampung Dambet. Kontak tembak terjadi sekitar pukul 15.20 WIT.

Atas kejadian itu, pukul 16.30 WIT, Tim Delta, Tim Elang dan Tim Dragon yang berjumlah 24 personel dipimpin Lettu Inf Amirudin bertolak menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Aparat keamanan dari Yonif Rider 715/Mtl melaksanakan siaga penuh di wilayah Beoga dan melakukan koordinasi dengan aparat kampung untuk mencari informasi suara tembakan tersebut.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan, TNI bersiap mengevakuasi jenazah.

"Besok akan dievakuasi dari Beoga ke Timika," kata Yogo.

Danny Nugraha belum satu tahun bertugas di Papua. Berdasarkan mutasi jabatan sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tertanggal 18 Juni 2020, ia ditunjuk sebagai Kabinda Papua menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon.

Sebelum bertugas di Papua, Danny adalah Pamen Denma Markas Besar TNI AD (Mabesad) ini dengan pangkat Kolonel. Penunjukan sebagai Kabinda Papua menjadi promosi baginya untuk pecah bintang.

Pada 25 Juli 2020 Danny resmi naik pangkat menjadi Brigjen. Sejumlah jabatan yang pernah disandangnya ketika di TNI AD antara lain Asintel Kodam Jaya. Ia juga pernah menjabat Kapok Sahli Pangdam Jaya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga