Didukung Faktor Alamiah, Indonesia Siap Menuju Revolusi Pertanian

JAKARTA, akuratnews.com - Sebagai negara yang berada di garis katulistiwa, Indonesia menjadi salah satu surga dunia, khususnya dalam bidang pertanian. Bahkan, grup musik legendaris asal Indonesia, Koes Plus, pernah menyebutkan dalam salah satu lagunya, dimana Indonesia adalah tanah surga. Apapun yang ditanam di tanah Indonesia, diyakini akan tumbuh subur dan menjadi manfaat bagi manusia.

Ketua Umum SUTA Nusantara, Dadung Harisetyo, menjelaskan secara kajian Indonesia memiliki kelebihan dalam proyeksi pertanian jika dibanding dengan negara lain di dunia. Sebagai user, tentu petani memiliki peran cukup penting dalam mencapai sukses pangan di negeri ini, tentunya dengan tata kelola yang baik.

"Sebenarnya secara kajian atau filosofis nilai revolusi pertanian dari sisi alamiah sudah kita miliki di Indonesia. Petani yang bisa mempercepat perubahan pola dan perubahan di dalam tata kelola pertanian sebetulnya memiliki nilai filosofi revolusioner," ujar pria yang akrab dipanggil Masda, saat dihubungi via telepon oleh redaksi akuratnews.com.

Dirinya menekankan, Indoesia merupakan negara yang luar biasa dalam mewujudkan revolusi pertanian. Di mana dari posisi alamiah seperti sinar matahari, adalah yang terbaik di dunia, udara yang terbaik di dunia, tanah yang terbaik di dunia.

"Kita memiliki tanah yang berdataran tinggi dan tanah pantai yang masing-masing memiliki struktur tanah yang luar biasa. Kemudian air yang berlimpah, baik dari hujan dan sebagainya. Sebetulnya ini nilai filosofi yang bisa mendorong revolusi pertanian. Tinggal masyarakatnya yang perlu diberikan instrument atau stimulus untuk bergerak di bidang revolusi pertanian. Jadi potensi alamiah sebetulnya sudah sangat mendukung revolusi pertanian," tegasnya.

Dia menggambarkan, bagaimana pertanian di Indonesia dapat berkembang dengan cepat. Hal ini dibuktikan dari tumbuhan yang lebih cepat panen jika dibanding dengan negara lain karena ketersediaan, matahari, udara, air yang terbaik.

"Kembali lagi ke SDM yang harus dimiliki. Masyarakat agar tergerak melakukan revolusi pertanian. Potensi melakukan revolusi sudah dimiliki dengan alam yang ada di Indonesia yang merupakan Rahmat Tuhan, yang harus kita gerakkan dan kelola untuk mewujudkan demi kesejahteraan manusia di muka bumi," tandasnya.

Penulis:

Baca Juga