Musik Tradisional Indonesia

Indra Utami Tamsir Gelar Lomba Musik Lintas Genre Secara Virtual

Indra Utami Tamsir Diva Keroncong Indonesia, salah satu Dewan Juri
Indra Utami Tamsir Diva Keroncong Indonesia, salah satu Dewan Juri

AKURATNEWS - Situasi pandemi Covid-19 yang belum reda, ternyata tidak menyurutkan semangat Indra Utami Tamsir menyelenggarakan Lomba Virtual Grup Musik Lintas Genre, Album Pop Jawa Keroncong “Sutra Dewangga”.

Menariknya, lomba ini berhasil menumbuhkan minat di kalangan milenial untuk melestarikan musik keroncong di Tanah Air. Salah satunya, berasal dari Salatiga, Jawa Tengah, dengan vokalisnya yang masih berusia 6 tahun.

“Alhamdulillah, lomba ini diikuti oleh 25 grup keroncong dari berbagai daerah di Indonesia. Antusiasme mereka sangat luar biasa" ujar Indra Utami, jelang acara Grand Final yang digelar di Auditorium Abdul Rahman Saleh RRI, Jakarta, Rabu, 10 November 2021.

"Penghargaan tertinggi kepada semua grup yang berpartisipasi dengan meluangkan waktu untuk berlatih demi memajukan musik keroncong,” tambahnya.

Secara khusus, penyelenggara acara IUT Production menjadikan momentum Hari Pahlawan, 10 November, sebagai puncak acara lomba yang digelar sejak 1 September silam.

Ia mengatakan, selebrasi atas karya musik keroncong ini menjadi momentum khusus untuk memaknai Hari Pahlawan.

“Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tentunya penuh dengan perjuangan para pahlawan negeri ini. Dengan adanya kebebasan inilah kita bisa berkegiatan di segala aspek" tutur Indra Utami.

"Termasuk berkesenian atau mengembangkan kebudayaan yang memang harus dilestarikan, dalam hal ini musik keroncong" kata wanita yang dijuluki sebagai The Next Waljinah ini.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga