Sebelum Jadi Partai Terlarang

Ini Jejak PKI dalam Sepakbola Indonesia

4. Impor Pelatih Berhaluan Kiri

Timnas Indonesia pada masa lalu pernah dijuluki Macan Asia. Skuad berjuluk Garuda itu pernah merebut medali perunggu Asian Games 1958 di Tokyo, Jepang. Sosok pelatih yang berjasa kala itu adalah Antun 'Toni' Pogacnik. Ia merupakan mantan gelandang legendaris Timnas Yugoslavia.

Ketika melatih Indonesia, timnas mampu tembus ke semifinal Asian Games 1954 di Manila. Indonesia di bawah asuhannya juga pernah menahan imbang Uni Soviet pada Olimpiade 1956 di Melbourne. Puncaknya, Timnas Indonesia meraih medali perunggu di Asian Games 1958. Bahkan, Pogacnik hampir membawa skuad Garuda ke Piala Dunia 1958 di Swedia.

Akhirnya terkuak, perekrutan Toni Pogacnik bermula dari ketertarikan ketua PSSI era 1950-an, R. Maladi. Dalam artikel di Tabloid Bola, 21 Agustus 2018, R. Maladi disebut kepincut dengan permainan Timnas Yugoslavia di Olimpiade 1952 di bawah asuhan Pogacnik.

Maladi dikabarkan terbang langsung ke Yugoslavia untuk merayu Tony. Demi mempermudah proses ini, R. Maladi juga melapor ke Presiden Soekarno. Kebetulan, Soekarno memiliki hubungan yang harmonis dengan Presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga