oleh

Ini Lima Parpol yang Diprediksi Lolos Ambang Batas Parlemen

Jakarta, Akuratnews.com – Ambang batas parlemen (parliamentary threshold) pada pemilu 2019 ditetapkan sebesar 4 persen. Sehubungan dengan aturan tersebut, hasil survei yang ditunjukkan oleh Populi Center terdapat paling tidak ada lima partai politik yang berpotensi lolos.

Diantaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebesar 25,1 persen, Partai Gerindra 11,8 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 10,3 persen, Partai Golkar 10,2 persen, dan Partai Nasdem 4,2 persen.

“Sementara partai peserta pemilu Iainnya belum aman lolos dari ambang batas parlemen karena masih di bawah 4 persen,” kata Dimas Ramadhan selaku peneliti Populi Center dalam rilis survei “Preferensi Politik Jelang 2019: Personalitas dan Soliditas Pasca Penetapan” di kantor Populi, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (24/10/2018).

Sementara itu berkaitan dengan soliditas dukungan partai, hasil survei memerlihatkan ada tiga partai politik yang belum solid memberikan dukungan kepada salah satu kubu diantaranya PPP, Demokrat dan Golkar.

Melihat sebaran pemilihnya, lanjut Dimas, soliditas dukungan partai untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin ada pada partai PKB (73,0 persen), PDIP (90,8 persen), dan NasDem (82,3 persen).

“Sedangkan, pemilih partai Golkar belum sepenuhnya mendukung pasangan nomor urut satu ini dengan persentase 58,0 persen. Sama halnya dengan PPP (47,5 persen),” tukas dia.

Kemudian untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo – Sandiaga, dukungan yang solid datang dari Partai Gerindra (86,2 persen), PKS (70,5 persen), Garuda (85,7 persen), dan PAN (66,7 persen). Sedangkan dari Partai Demokrat sebesar 54,5 persen. (Rhm)

Komentar

News Feed