Ini Manfaat Membaca Surat Al Waqiah setelah Sholat Subuh, Simak Yuk!

AKURATNEWS - Membaca Al Quran salah satunya Surat Al Waqiah merupakan ibadah bernilai pahala dan akan memberikan syafaat kelak di hari kiamat bagi pembacanya.

Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Lalu apa manfaat membaca Surat Al Waqiah setelah sholat subuh?

Dalam hadits disebutkan waktu yang tepat membaca Surat Al Waqiah adalah pada malam hari dan saat sholat subuh.

Manfaat orang yang rutin membaca Surat Al Waqiah kelak akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Para ulama menyatakan manfaat membaca surat Al Waqiah padam tiap malam dan setelah sholat subuh akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Diriwayatkan Imam Ahmad bahwa Jabir ibnu Samurah mengatakan bahwa dahulu Rasulullah Saw mengerjakan shalatnya sebagaimana kalian mengerjakan salat sekarang ini, tetapi shalat Nabi SAW agak sedikit ringan, dan lebih ringan daripada shalat kalian.

Tema Pokok Surat Al Waqiah

Mufasir M Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Surat Al Waqiah tentang Hari kiamat serta penjelasan apa yang akan terjadi di bumi, serta kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang bertakwa dan apa yang akan dialami para pendurhaka perintah Allah SWT kelak di hari kiamat.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Marel Assegaf
Editor: Ahyar

Baca Juga