Ini Motif Pelaku Penipuan dan Penggelapan Uang di Sidoarjo

Sidoarjo, Akuratnews.com - Unit Reserse Kriminal Polsek Gedangan berhasil menangkap pelaku penipuan dan penggelapan uang di Kecamatan Gedangan, Sidoarjo pada Senin (29/10/2018) lalu.

Diketahui, pelaku adalah Eko Sumarsono (54), warga Dusun Mojounggul, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur. Ia merupakan sales dari PT. Daya Muda Agung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Kapolsek Gedangan Kompol Heri Siswoko mengungkapkan, motif tersangka menggelapkan uang ratusan juta rupiah dari perusahaan adalah untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Syahri Mulyo Terima Suap 2,5 Milyar Rupiah

"Modus pelaku menggunakan uang hasil penagihan dan tidak disetorkan ke perusahaan untuk kepentingan pribadinya," kata Heri pada Akuratnews.com, Sabtu (3/11/2018).

Dihadapan penyidik lanjut Heri, pelaku mengaku uang ratusan juta rupiah itu ia gunakan untuk membiayai kuliah anaknya dan membeli burung peliharaan.

Sementara itu, Kanit Reskrim Ipda Supratman menuturkan, ulah pelaku terungkap saat pihak perusahaan melakukan konfirmasi ke outlet yang kemudian diketahui outlet sudah melakukan pembayaran ke tersangka, namun oleh pelaku tidak di setorkan ke perusahaan.

Baca juga: Syamsul Arifin Selewengkan Uang Parkir 1,5 Milyar

"Akibat ulah pelaku perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp127.614.090," terang Ipda Supratman.

Selain itu, petugas kepolisian juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu bundel faktur pengiriman barang yang berjumlah 85 lembar dan satu ekor burung.

Saat ini pelaku terancam dengan pasal 378 KUHP yo Pasal 374 KUHPj tentang pasal penipuan dan penggelapan dengan pemberatan. (Rif)

Penulis:

Baca Juga