Ini Penyebab Bunyi Ledakan di Sekitar Panggung Aksi Reuni 212

Jakarta, Akuratnews.com - Bunyi ledakan terdengar di sekitar panggung 212, kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/13/2018) malam, suara ledakan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Suaranya terdengar cukup keras, hingga di area dekat pintu timur. Namun sejumlah orang di sekitar panggung yang ditanya justru mengaku tidak mengetahui asal ledakan.

Beberapa aparat kepolisian dari Polsek Gambir tampak di lokasi. Informasi yang dikumpulkan, ledakan diduga dari korsleting salah satu generator set (genset). "Situasi aman-aman saja kok sampai saat ini," kata seorang pria di dekat panggung Reuni 212, Sabtu (1/12/2018).

Ditempat yang sama, Kapolsek Gambir AKBP Johanes Kindangen mengatakan, begitu mendapatkan laporan, petugas langsung mendatangi tempat kejadian perkara. Dari hasil penyelidikan, ledakan dari korsleting genset akibat ada ponsel (handphone) mengisi daya.

”Jadi ada handphone yang di-charge di situ, lantas meledak. Kami sedang lidik (menyelidiki) siapa pemilik handphone tersebut," kata Johanes di kawasan Monas, Sabtu (1/12/2018).

Johanes menuturkan, dalam olah TKP ini polisi juga mengumpulkan serpihan-serpihan akibat ledakan tersebut untuk dianalisis. Sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan.

"Untuk saksi, sudah kita tanya yakni operator genset dan pamdal (pengamanan dalam)," ujarnya.

Ledakan keras terjadi sekitar pukul 19.30 WIB di dekat panggung Reuni 212. Ledakan ini terdengar hingga dekat pintu timur Monas. Kerasnya bunyi ledakan mengagetkan sejumlah orang di kawasan wisata ini.

"Kaget banget. Deg-degan. Kirain ada apa-apa. Awalnya saya kira itu ledakan ban mobil. Tapi suaranya kenceng banget. Dari belakang panggung itu suaranya," kata Ari salah seorang karyawan di Monas.

Aksi Reuni 212 dimulai Minggu besok sejak pukul 03.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Acara akan diisi dengan salat tahajud dan subuh berjamaah, zikir, istigasah, serta pengibaran bendera tauhid dan Merah Putih. (Jewe)

Penulis:

Baca Juga