oleh

Ini Pesan Ketua DPR di Ujung Pemerintahan Jokowi

Jakarta, Akuratnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2018-2019.

Rapat itu memiliki dua agenda, yakni pidato Ketua DPR Bambang Soesatyo dan pidato Presiden Joko Widodo sebagai Pengantar RUU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019 dan Nota Keuangan.

Dalam pidatonya, Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet menuturkan perkembangan ekonomi nasional tidak bisa dilepaskan dari perkembangan ekonomi global yang terjadi di berbagai kawasan. Membaiknya kondisi perekonomian di beberapa negara maju memberikan dampak positif bagi perekonomian global.

Namun demikian, masih terdapat beberapa risiko yang dapat mempengaruhi perekonomian nasional, seperti perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, kebijakan tight money policy di beberapa negara maju, peningkatan suku bunga the FED, serta gejolak ekonomi Turki baru-baru ini.

“Risiko itulah yang perlu kita antisipasi melalui mitigasi risiko yang tertuang dalam penyusunan RUU APBN Tahun Anggaran 2019,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Walaupun pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah telah membuahkan banyak keberhasilan. Namun menurutnya, masih ada tantangan yang harus dihadapi pada tahun 2019. Diantaranya meningkatkan fondasi sendi-sendi makro ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan potensi ekonomi daerah, pembangunan infrastruktur yang memperhatikan aspek pemerataan, efektivitas, serta kemampuan dan kesinambungan fiskal.

“Kami mengharapkan agar di penghujung masa pemerintahan ini, pembangunan ekonomi benar-benar diarahkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” ucap Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini melanjutkan, kendati Pemerintah akan disibukkan dengan agenda politik nasional yakni Pileg dan Pilpres, tetapi pihaknya yakin tidak akan mengurangi sedikitpun komitmen untuk terus bekerja keras.

“Ibarat pelari marathon semakin dekat dengan garis finis, segala energi dan kekuatan akan dikerahkan untuk secepatnya mencapai garis finis dengan prestasi yang gemilang,” tandas Bamsoet. (Ysf)

Komentar

News Feed