Ini Poin Penting Kerjasama Orang Tua dan Kampus Membangun Karakter Mahasiswa

AKURATNEWS - Mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) adalah asset bangsa di masa depan. Karakternya menjadi perhatian penting, karena akan sangat menentukan bagaimana kelak bangsa ini akan dibawa.

Bila pemudanya memiliki karakter sesuai yang dibutuhkan, maka bisa diharapkan bangsa Indonesia akan berjalan ke arah yang benar.

‘’Kalau kita mengutip pernyataan Bung Karno yang sangat terkenal, beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia, itu menunjukan betapa pentingnya keberadaan pemuda ini bagi masa depan sebuah bangsa. Maka tema kali ini sangat menarik untuk kita kupas,’’ ujar Prof Dr Ir Meta Mahendradatta, MSc, Guru Besar Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanudin, Makassar, dalam Nina Nugroho Solution live Instagram melalui akun @ninanugrohostore, baru-baru ini.

Dalam episode ke 75 ini dibahas ‘Kolaborasi Peran Kampus dan Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa’. Tema ini menarik mengingat saat ini sudah mulai terasa adanya pergeseran etika di kalangan mahasiswa, yang bagi sementara kalangan cukup memprihatinkan.

‘’Baik buruknya suatu bangsa, ditentukan oleh pemudanya, dalam hal ini adalah karakternya,’’ ungkap Prof Meta yang lulusan Fakultas Teknologi Pertanian UGM ini membuka acara.

Ia kemudian menyebutkan beberapa karakter yang sangat dibutuhkan Indonesia dalam kondisi saat ini.

Menurutnya, karakter utama yang perlu dimiliki mahasiswa adalah beriman. Karena dengan iman pemuda tidak akan tersesat dan tidak memikirkan hal-hal yang negatif serta tidak melakukan kecurangan-kecurangan. Iman harus juga diimbangi dengan kejujuran dan tanggungjawab dalam satu paket.

Karakter berikutnya adalah punya semangat dan motivasi untuk meraih cita-cita yang tinggi. Mereka memiliki target yang dicapai. Dalam kondisi dimana teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang begitu pesat dibutuhkan karakter kreatif dan inovatif.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga