Ini Poin Penting Kerjasama Orang Tua dan Kampus Membangun Karakter Mahasiswa

Pihak kampus, khususnya di Universitas Hasanudin sendiri dikatakannya telah menjalankan sejumlah program yang dalam upaya membentuk karakter.

Prof Meta sendiri adalah salah satu pembina pada Lembaga dakwah Fakultas Pertanian Unhas yang bernama Surau Firdaus. Lembaga ini melakukan kajian setiap Jumat, khusus untuk mahasiswi dan dosen wanita yang dikoordinasikan mahasiswa.

Kegiatan ini tentu menjadi salah satu upaya membentuk karakter mahasiswa yang beriman, belajar berkoordinasi, menyelenggarakan sebuah acara.Dibutuhkan tanggungjawab untuk itu.

Sementara secara umum, di Unhas diselenggarakan beberapa program untuk mahasiswa baru berkaitan dengan perkembangan karakter ini. Termasuk penandatanganan pakta integritas dengan mahasiswa dan orangtua.

‘’Ini menunjukan pentingnya kolaborasi orangtua dan kampus dalam Pendidikan karakter Pentingnya peran orangtua dalam mendampingi putra-putrinya semasa mereka menjalani masa mahasiswa,’’ tuturnya.

Untuk mahasiswa baru ada Program Balance (Basic Learning Skill Caracter and Creativity), merupakan penerapan grand design program pengembangan karakter di kampus tersebut.

Mahasiswa baru diberi materi yang berkaitan dengan etika, motivasi, percaya diri, kepemimpinan dan sebagainya.

‘’Diharapkan hal itu menjadi modal dasar, mahasiswa menjalankan kehidupan di kampus. Kemudian di awal semester, dosen-dosen diharapkan memberikan kontrak perkuliahan setiap mata kuliah. Disitu kesempatan untuk kembali mengingatkan bagaimana seharusnya mahasiswa berlaku atau bersikap, pengembangan etika. Sementara secara individual, setiap mahasiswa memiliki dosen penasehat akademik diharapkan orangtua dan kampus dalam berkomunikasi melalui dosen penasehat akademik ini bila ada masalah,’’ terangnya.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga