Ini Strategi Bisnis Berkelanjutan Danone Indonesia Hingga 2030

AKURATNEWS - Dalam kaitannya dengan komitmen mewujudkan bisnis yang seimbang dan berkelanjutan, Danone Indonesia coba menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance (GCG) dengan memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya.

Melalui Laporan Keberlanjutan, Danone Indonesia memaparkan visi, strategi, hingga capaian kinerja keberlanjutannya selama dua tahun terakhir. Untuk mewujudkan bisnis berkelanjutan, Danone Indonesia memiliki dua lini usahanya yaitu Danone Waters (Danone-AQUA) dan Danone Specialized Nutrition (Danone SN).

Dua lini usaha Danone Waters (Danone-AQUA) berfokus pada layanan terkait air dan pentingnya hidrasi sehat, sementara Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia mencakup produk nutrisi untuk ibu dan anak yang mendukung terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

“Kami percaya, makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Ini merupakan refleksi dari misi dan visi besar Danone Indonesia sekaligus wujud kontribusi dan komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia di Jakarta, Kamis (23/12).

Vera mengatakan, agenda SDGs tidak hanya merupakan komitmen global yang dijalankan semua negara, namun menjadi panduan bagi Indonesia dalam menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat. Dia memaparkan, tujuan jangka panjang penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan Pemerintah Indonesia hingga 2030 dan terintegrasikan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.

Menyadari pentingnya peran perusahaan dalam hal ini, hingga 2020 Danone-AQUA telah menanamkan 2,4 juta pohon, mencapai target 1,15 water ratio, mengurangi 14,77 persen penggunaan energi total dibandingkan 2019, menghemat energi hingga total 149.713 Giga Joule dan melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca sebanyak 157.597 Ton Co2 Eq selama periode 2019-2020.

Seluruh pabrik Danone-AQUA juga telah tersertifikasi Food Safety System Certification (FSSC), 92 persen telah menggunakan pemasok lokal, dan mencatat nol insiden terkait dengan ketidakpatuhan informasi serta pelabelan produk dan jasa.

Hingga akhir 2020 Danone-AQUA juga mencatat 363.000 penerima manfaat program WASH di 34 kabupaten/kota di Indonesia, lebih dari 500 pelaku UMKM menerima manfaat program DAMPING, 318 lahan pertanian berkelanjutan di 18 lokasi, serta 8.000 Ibu Rumah Tangga menjadi bagian dari program AQUA Home Service.

Pencegahan stunting Pencapaian Danone SN Indonesia hingga 2020 Danone SN Indonesia juga konsisten mendukung tumbuh kembang anak Indonesia. Untuk mendukung dari segi inovasi, Danone SN Indonesia meresmikan Danone Nutricia Research Sarihusada R&I Center, sebuah pusat penelitian bertaraf internasional di Yogyakarta.

Dalam hal pencegahan stunting, program ‘Aksi Cegah Stunting’ juga terus digalakkan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong replikasi program ini di daerah lainnya. Program edukasi lain yang juga terus didorong antara lain, Program ‘Isi Piringku’, peluncuran edukasi gizi untuk remaja dalam program GESID (Generasi Sehat Indonesia), Duta 1000 Pelangi, Warung Anak Sehat, dan Bunda Mengajar.

Selain di bidang kesehatan, Danone SN Indonesia juga aktif menjaga lingkungan dengan membangun dua lokasi taman keanekaragaman hayati dengan luas total 24 hektar dan pengoptimalan sumber daya di seluruh kegiatan produksi.

Vera menjelaskan, laporan Keberlanjutan merupakan manifestasi bagi Danone Indonesia untuk terus berinovasi dan memegang teguh peran penting perusahaan sebagai force for good, atau kekuatan untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan serta masyarakat dimanapun berada.

“Dengan peluncuran Laporan Keberlanjutan ini, diharapkan dapat memberikan informasi secara transparan kepada para pemangku kepentingan tentang sejauh mana pencapaian inisiatif keberlanjutan tersebut serta dampaknya di seluruh rantai bisnis Danone Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga