Solusi Finansial

Ini Tiga Cara Pulihkan Keuangan Anda Pasca Lebaran

Jakarta, Akuratnews.com- Libur Idul Fitri 1440 H telah usai. Para pemudik pun sudah kembali berdatangan dari daerah asalnya.

Nah..sering kali pengeluaran kita membengkak sehabis liburan Idul Fitri atau yang akrab disebut Lebaran ini. Beli pakaian baru, ongkos mudik, perayaan Lebaran dan berbelanja kebutuhan lainnya, terkadang biayanya diluar dugaan.

Lalu, bagaimana caranya memulihkan kondisi keuangan Anda usai libur Lebaran? Silakan simak tiga cara memulihkan keuangan Anda..

1. Batasi Pengeluaran Harian

Ini adalah cara yang paling jitu untuk memperbaiki kondisi keuangan pasca Lebaran. Tundalah semua kegiatan boros Anda yang biasa dinikmati sehari-hari dan berhematlah dalam pengeluaran demi memulihkan keuangan.

2. Fokus di Kebutuhan, Bukan Keinginan

Pastikan memusatkan perhatian Anda pada kebutuhan bukan keinginan. Perhatikan ongkos transportasi, biaya makan dan listrik. Sedangkan keinginan seperti shopping, jalan-jalan dan hiburan lainnya harap diredam dulu.

3. Evaluasikan Pengeluaran Anda

Setelah semua biaya yang membengkak di tahun ini, Anda jangan hanya terpekik saja. Saatnya memulai mencatat pengeluaran tersebut dan mengevaluasikannya agar di tahun kemudian tidak terjadi lagi.

Penulis: Rianz
Editor: Ahmad Ahyar

Baca Juga