Ini Tiga Peran UPZ Dilingkungan Pemerintah dan Swasta

Jakarta, Akuratnews.com - Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar mengatakan, Unit Pelayanan Zakat (UPZ) saat ini menerapkan tiga peran dalam pengumpulan zakat dilungkungan pemerintah maupun swasta.

"Kami melihat ada tiga peran dilakukan UPZ. Pertama, peran dalam melakukan dakwah tentang zakat dan muamalah di lingkungan karyawan," kata Fuad saat menghadiri Rakernas Baznas di Hotel Lumire, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Kedua, lanjut Fuad, memfasilitasi para karyawan dalam menunaikan kewajiban zakat. Termasuk dalam hak muzakki terkait pengurangan pajak.

"Ketiga, peran UPZ adalah ikut dalam peran sosial-kemanusiaan dalam memerangi kemiskinan di tengah masyarakat," sambungnya.

Menurutnya, komitmen amil menjadi kunci keberhasilan pengelolaan zakat. Begitu juga dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dapat berperan dalam memberikan kontribusi kepada UPZ.

"UPZ ini mendorong penguatan zakat, dan pemerintah mendukung. Semoga semakin banyak lagi perusahaan yang membentuk UPZ Baznas, sehingga para penerima manfaat merata dan semakin luas dan tentu dapat membantu pengentasan kemiskinan di Indonesia," imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini Baznas memiliki 128 UPZ di berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Swasta.

Berdasarkan data dari Baznas, UPZ saat ini mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Kepercayaan publik terhadap UPZ Baznas terus meningkat dengan dibuktikannya dengan penghimpunan zakat yang terus naik.

"Pada Januari hingga Oktober 2018, UPZ telah mengumpulkan zakat senilai Rp50 miliar dan diperkirakan akan terhimpun lebih dari Rp63 Miliar. Hasil ini lebih tinggi dari tahun lalu yang terhimpun Rp57,4 Miliar," kata Ketua Baznas, Bambang Soedibyo.

Dengan pencapaian tersebut, Bambang berharap UPZ makin mengoptimalkan perannya sehingga makin banyak umat dapat terlayani dalam melaksanakan ibadah zakat dan makin banyak mustahik menjadi lebih sejahtera secara materi dan spiritual. (Yan)

Penulis:

Baca Juga