Inilah Cara Pokdarwis Jatijajar Maksimalkan Potensi Pariwisata di Depok

Suasana event mancing yang digelar Pokdarwis Jatijajar di Situ Jatujajar Depok, Minggu (19/6)
Suasana event mancing yang digelar Pokdarwis Jatijajar di Situ Jatujajar Depok, Minggu (19/6)

AKURATNEWS- Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Jatijajar, Tapos Kota Depok memaksimalkan potensi pariwisata dengan mengelar event lomba mancing ikan bawal di Situ Jatijajar sejak dua pekan lalu.

Event tersebut merupakan cara Pokdarwis Jatijajar untuk memaksimalkan dan mendongkrak potensi pariwisata Kota Depok khususnya wisata alam di Situ Jatijajar Tapos.

"Alhamdulillah event ini (Lomba mancing) mampu jadi magnet bagi para wisatawan yang datang untuk ikut lomba dan berwisata di Situ Jatijajar", ujar Ketua Pokdarwis Jatijajar Ega Taryono, Minggu, (19/6).

Dikatakan Taryono, objek pariwisata alam Situ Jatijajar sudah lama vakum akibat pandemi Covid-19. Satu-satunya sarana rekreasi yang dimiliki yaitu sepedah air juga tak dioperasikan.

Sejak Covid-19 di Depok masuk status levrl I, masih kata Taryono, Pokdarwis mencoba memanfaatkan momen melandainya Covid-19 dengan merangsang wisatawan untuk datang dengan mengelar event lomba mancing.

"Momen ini sekaligus juga menggugah minat para pengunjung untuk mengenal dan menikmati keasrian pesona alam di Situ Jatijajar dengan melibatkan peran UMKM setempat", kata Taryono.

Ketua Panitia event lomba mancing ikan bawal di area Situ Jatijajar Rio mengatakan, lomba mancing mulai digelar sejak pekan kemarin dengan turut melibatkan peran serta UMKM Jatijajar di dalam giat lomba.

"Kami gelar mulai Minggu 12 Juni 2022 lalu. Untuk minggu ini kali keduanya. Kami juga libatkan sekitar 10 UMKM setempat saat event", katanya di lokasi Situ Jatijajar.

Menurut Rio, antusias peserta yang ikuti event ini ternyata sangat luar biasa. Awal gelaran event diikuti sebanyak 345 jumlah peserta. Pada gelaran kedua jumlahnya cendrung bertambah.

"Untuk event yang sekarang diikuti sekitar 350 orang peserta dengan harga tiket senilai Rp.50 ribu", urainya.

Dia menambahkan, gelaran event mancing juga masih dibuka kembali oleh pihak Pokdarwis pada Senin 20 Juni 2022 dengan harga tiket sebesar Rp.25 ribu.

Event mancing yang digelar Pokdarwis tampak mampu mendongkrak pengunjung lain untuk berwisata sepedah air sambil berswafoto dengan keasrian panorama alam di Situ Jatijajar Depok.

Upaya Pokdarwis Jatijajar Depok meningkatkan dan memaksimalkan potensi pariwisata alam Situ Jatijajar serta UMKM lokal juga mendapat apresiasi dari pemerintah kota setempat. Hal itu ditandai dengan hadirnya Camat Tapos Abdul Mutolib beserta Lurah Jatijajar saat awal gelaran lomba mancing pekan lalu.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga