Inilah Implementasi Sila Ketiga Sahabat Kartini di Hari Pancasila

Jakarta, Akuratnews.com - Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Komunitas Sahabat Kartini coba mengimplementasikan salah satu sila dari Pancasila ini dalam tindakan nyata.

Implementasi sila ketiga ini diwujudkan Ketua Komunitas Sahabat Kartini, Rani Anggraini Safitri dalam kegiatan donasi sembako pada warga terdampak banjir di bantaran sungai Ciliwung di wilayah Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

"Sila Ketiga Persatuan Indonesia. Saya coba mengimplementasikan persatuan bagi rakyat Indonesia. Lewat kepedulian ini, Sahabat Kartini hadir guna memperkuat persatuan bangsa. Kalau sila keempat dan kelima kan tugasnya pemerintah. Jadi saya cukup di sila ketuga saja," ujar Rani di sela-sela kegiatan donasi, Senin (1/6).

Dalam kegiatan ini, Rani tak segan menyusuri sungai Ciliwung mengggunakan perahu karet mendatangi warga terdampak banjir yang beberapa waktu lalu menerjang rumah mereka.

Total 100 paket sembako disalurkan pada warga di bantaran sungai Ciliwung yang saat ini juga tengah menghadapi pandemi Corona (Covid-19).

"Semoga ini dapat meringankan beban mereka yang juga tengah menghadapi krisis saat pandemi," ujar Rani.

Bagi Rani, menyusuri sungai Ciliwung menggunakan perahu karet merupakan pengalaman pertamanya.

"Pengalaman tersendiri bagi saya. Tapi menarik juga sih naik perahu karet," ujar Rani yang tampak antuasias ini.

Ia pun merencanakan untuk kembali hadir di lokasi yang sama dalam waktu dekat.

“Semoga saja Sahabat Kartini bisa bisa terus berbagi kepada masyarakat. Ada wacana juga agar kami mendukung pelestarian lingkungan Ciliwung dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)," pungkas ibu dua anak ini.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga