Inilah ‘Kalis’, Rekam Jejak Jeritan Tembok Kamar Prostitusi

Jakarta, Akuratnews.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kalis berarti suci, bersih dan murni. Namun dalam film garapan sutradara Agus H Mawardy alias Agus Pestol, Kalis adalah sosok yang jauh dari arti itu.

Sosok Kalis (Reynavenzka Deyandra) digambarkan sebagai perempuan yang menjalani profesi sebagai pelacur demi menghidupi anak semata wayangnya.

Sebelum terjerembab ke lembah hitam, di masa mudanya Kalis hamil di luar nikah dan sang pacar tak mau bertanggung jawab. Petaka bertambah saat ia diusir sang ayah lantaran malu akan kelakuan sang anak.

"Kalau ibumu masih hidup, sudah dilumuri cabai bibirmu. Sekarang kau pergi dari rumah ini," tegas sang ayah.

Dan mulailah perjalanan hidup Kalis terperangkap di lembah hitam ini sambil merawat anak perempuannya semampunya.

"Kita coba mengetengahkan sisi gelap yang ada di sekitar kita untuk bisa disajikan sebagai sebuah tontonan yang punya makna," ujar sang penulis skenario, Rita D saat jumpa pers virtual, Selasa (25/8).

Bicara soal tema perempuan di lembah hitam memang sudah bukan tema yang asing lagi. Beberapa film nasional sudah sering mengupasnya. 'Suci Sang Primadona' misalnya. Namun, sang sutradara, Agus Pestol menyebut film ini punya hal lain yang berbeda.

'Kalis' menyajikan konsep realis agar penonton juga merasakan, melihat dan mendengar rekam jejak jeritan-jeritan di balik tembok prostitusi secara lebih dekat dan nyata.

"Saya coba merekam apa yang terjadi di dalam kamar, kalau selama ini film-film bertema seperti ini merekam dari luar kamar," ucap Agus.

Konsekuensi hal yang disebutkan Agus tadi mengharuskan film ini menyajikan adegan-adegan yang hanya bisa dikonsumsi oleh kategori 21+.

Bahkan film ini dibuka adegan oral sex yang dilakukan Kalis pada pelanggannya yang diperankan Tio Pakusadewo sambil membaca puisi karya WS Rendra. Sebuah hal yang diluar ekspektasi bukan?

"Selain sudah dilabeli 21+, di awal film, kita coba ingatkan agar penonton tidak meniru dan melakukan adegan itu," ujar sang produser, Devi Monika menjawab kekhawatiran jika film ini nantinya akan menimbulkan kontroversi.

Film yang akan tayang dalam lima episode di Stro TV Streaming ini dikatakan Devi jangan dilihat sepotong-sepotong.

"Harus sampai tamat, lima episode," pesan Devi seraya menjelaskan jika tiap episode masing-masing berdurasi 15 menit.

Episode perdana 'Kalis' mulai tayang 28 Agustus 2020 pukul 21.00 WIB di Stro TV. Anda dapat mendownload applikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore atau kunjungi www.stro.tv dan berlangganan Rp10.000 sebulan selama masa promosi.

Anda penasaran dengan gambaran pergulatan hidup seorang pelacur bernama Kalis ini? Silakan simak bagaimana Rheinavanzka Deyandra, Tio Pakusadewo, Nagra Kautsar Pakusadewo, Eggy Fedly dan Avan Sanjaya menyajikannya di depan Anda.

Penulis: Rianz
Editor:redaksi

Baca Juga