Inpari Zink, Varietas Unggul yang Aman Dikonsumsi

Lahan padi Inpari Zink yang ditanam di desa Netampin (foto: yan ratno)
Lahan padi Inpari Zink yang ditanam di desa Netampin (foto: yan ratno)

AKURATNEWS - Bibit padi unggul Inpari varian baru yaitu inpari Nutrizink, terus diberdayakan di areal persawahan petan, di Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Di antaranya adalah di lahan Penangkaran Padi Karau Mandiri Netampin. Dan sekarang, varietas padi tersebut telah bisa dipanen serta dinikmati para petani yang menanamnya.

Seperti yang diinformasikan Yan Ratno AMd, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, yang bertugas di wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Inpari Nutrizink adalah jenis baru yang digadang-gadang saat ini.

Dicanangkan sejak awal, Inpari Nurizink adalah untuk mencegah gizi buruk,khususnya pada anak-anak.

“Sebagai beras sehat, memang sampai sekarang kandungan gizinya paling tinggi. Malah bagi penderita diabetes, aman dikonsumsi. Ya rasanya sih pulen, tapi kurang manis,” ucap lelaki berpostur kurus yang dikenal kreatif ini, melalui komunikasi via WhatsApp (WA), Rabu, 24 November 2021 sore.

Mengutip dari berbagai sumber, Inpari IR Nutri Zink memiliki keunggulan atau sifat khusus, dibanding varietas lainnya dalam hal kandungan Zn, yang memiliki potensi kandungan sebesar 34,51 ppm.

Dan ini, lebih tinggi dibanding varietas lain. Selain itu, inpari Nutri Zink juga mempunyai keunggulan lain. Seperti ketahanan terendam air dan tahan rebah.

“Betul. Di samping itu, Inpari Zink tahan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman. Kami mengembangkannya di musim tanam yang kemarin, Om. Yaitu Musim Tanam (MT) 21 April-September" ucapnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Iwan Prast
Editor: Ahyar

Baca Juga