Isi Libur Akhir Tahun, Adara Suguhkan Ini Buat Keluarga Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - Jelang liburan akhir tahun, Adara Relief International (Adara) menggelar Family Festival 2 Extraordinary bertajuk 'Tak Ada Yang Ditinggalkan dan Terlupakan'.

Meski berada di tengah kondisi yang tidak biasa (extraordinary), Adara tetap berkomitmen menghadirkan kegiatan pengisi liburan yang bermakna bagi keluarga Indonesia.

Acara tahunan ini berlangsung mulai Senin (21/12) merupakan yang kedua kalinya setelah sukses diselenggarakan pada Desember 2019 lalu.

Rangkaian acara Family Festival 2 Extraordinary dapat dinikmati masyarakat secara daring selama sepekan pada 21-27 Desember 2020.

“Tema yang kita usung dimaksudkan untuk lebih memaknai arti penting keluarga. Keluarga ada karena ikatan darah, namun tentu perlu ada rasa saling peduli dan saling menyayangi antar anggota keluarga. Sikap menyayangi sesama serta kepedulian kepada siapa pun yang membutuhkan, mengantarkan kita pada arti keluarga yang lebih luas lagi. Dengan demikian, tak perlu ada lagi yang takut ditinggalkan atau terlupakan," ujar Ketua Adara, Sri Vira Chandra (Vira) di Jakarta, Senin (21/12).

Ana Rahmawati, Project Manager acara ini menambahkan, Adara mencoba
menyuguhkan kegiatan positif yang berbeda dari virtual event lainnya agar seluruh keluarga dapat turut serta dan menjalin kedekatan bersama-sama.

Setiap harinya, Family Festival 2 Extraordinary mengangkat topik yang beragam sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Di hari pertama, acara akan dibuka dengan Pesan untuk Keluarga Indonesia bertema 'Merekatkan Kembali yang Pernah Retak' oleh Ustadz Bendri
Jaisyurrahman dan juga inspirasi dari keluarga Syekh Ahed Abul 'Atha, asal Gaza Palestina dalam bincang keluarga.

Lalu ada parade mewarnai Masjid Al Aqsa bersama lebih dari 500 anak-anak sekolah di berbagai wilayah akan mengawali acara di hari kedua.

"Putra-putri keluarga Indonesia juga akan dimanjakan dengan penampilan Duet Berkisah dan Permainan Sulap bersama Kak Nia, Kak Imam, dan maskot Adara yaitu Dara & Daru. Alifa Lubis dan Muzakki juga akan hadir untuk menghibur para penonton," beber Ana.

Sejalan dengan tema yang diusung, ujian berat yang harus dihadapi keluarga-keluarga Indonesia karena pandemi saat ini membawa banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik.

Banyak nyawa terenggut akibat Covid-19 dan memaksa banyak keluarga terpisah oleh maut dalam sekejap. Seperti yang dialami Suci Oktari, istri seorang dokter yang menjadi salah satu korban wafat karena Covid-19.

Di hari ketiga rangkaian Family Fest 2 Extraordinary, Suci Oktari akan berbagi kisah mengenai Dark Story of Family yang harus ia hadapi dan tentunya hikmah apa yang akan dibagi untuk para peserta yang akan hadir.

Kemudian, nun jauh di Palestina sana, sejak puluhan tahun lamanya cerita kelam ini telah dialami banyak keluarga, yaitu akibat virus penjajahan Zionis Israel.

Untuk itu, di sesi Dark Story of Family, Adara juga menghadirkan kisah dari Hanin Zourba, perempuan Al Quds, istri yang terpisah 15 tahun dari suaminya
karena ditawan Israel. Ia akan membagikan cerita beratnya melewati hari demi hari dalam sebuah penantian panjang.

Selain kisah-kisah sarat makna, semarak Family Fest 2 Extraordinary di hari ketiga juga akan terus berlanjut dengan kehadiran Abdur Arsyad, seorang komika kenamaan Indonesia dan Abdul al Shannti Rapper Cilik asal Gaza.

Di acara puncak, akan digelar acara Meet and Greet pemain film ‘Rezeki Gak Akan Kabur’ secara virtual bersama Mario Irwinsyah, Icha Anisa, dan Alifa Lubis. Film keluarga besutan Umank Ady bekerja sama dengan Adara ini mengangkat cerita yang menarik, yaitu tentang tiga saudara yang kebingungan setelah kaya mendadak karena warisan tak terduga dari orang tuanya.

“Film ini terinspirasi dari Abdurrahman bin Auf, sahabat Nabi yang juga dikenal dengan kecerdasan, kekuatan, serta kedermawanan yang luar biasa. Konflik keluarga yang diangkat dalam film ini juga dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Harapannya, film ini bisa menjadi film yang mendidik, yang menyampaikan pesan bahwa rezeki bukan hanya uang tapi banyak hal lainnya," ujar Umank Ady, sutradara ‘Rezeki Gak Akan Kabur’.

Film ini akan diputar untuk pertama kalinya secara daring dan dapat dinikmati seluruh keluarga pada 25-27 Desember 2020. Pemutaran film secara eksklusif melalui tayangan virtual dapat dinikamti dalam tiga pilihan waktu tiap harinya, yaitu pukul 10.00, 13.30, dan 20.00 WIB.

Tiket nonton film ini dapat diperoleh dengan minimal donasi Rp20.000 bagi pelajar, Rp50.000 untuk umum, dan Rp100.000 untuk keluarga.

Kehadiran Baraa Masoud dari Palestina yang dikenal dengan suara emasnya dan penampilan duo penyanyi OST film ini, Nia dan Gusfari juga layak dinantikan.

Bagi yang tertarik berdonasi lewat membeli barang-barang yang akan dilelang, setiap harinya akan ada berbagai barang lelang, antara lain lukisan sulam pita karya Eva dan Remi, dua perempuan pencinta Palestina dari Masjid Raya Bani Umar dan juga lelang produk kriya & fashion Islamic Geometric Design dari SylvieRomy MathArt+Design bersama Sylvie Arizkiany Salim serta berbagai barang lelang lainnya.

Melalui acara ini, Adara juga berharap keluarga Indonesia dapat terhibur dan lebih menyayangi keluarga serta lebih peduli lagi kepada sesama yang membutuhkan terutama kepada bangsa Palestina yang hingga kini masih terjajah dan harus mengalami banyak hal pahit akibat kekerasan zionis Israel.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga