Isu Mutasi Pemkab Bener Mariah Buat Tak Nyaman Pejabat

Bener Mariah, Akuratnews.com - Sejak sepekan ini, isu mutasi jilid V di lingkungan Pemerintah kabupaten Bener Meriah provinsi Aceh kian menderu. Angin "beliung " mutasi tersebut kian menderu, bagaikan anak panah terlepas dari busurnya.  Sejumlah pejabatpun hangat-hangat dingin dibuat isu mutasi ala kabinet Bupati Tgk. Sarkawi itu. Mulai dari pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Bener Meriah itu pun mulai tidak nyaman dibuatnya perihal isu mutasi tersebut.

Sejauh ini dalam kurun waktu delapan bulan Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi yang lebih akrab di panggil abuya tersebut sudah melakukan empat kali perombakan kabinetnya, pada tanggal 10/06/2019  sebanyak 136 ASN dari mulai esellon II, III dan IV, kemudian tanggal 23/09/2019 sebanyak 8 ASN esellon II, lalu  tanggal 14/10/2019 ada 18 ASN mulai dari eselon II sampai dengan pengawas dan terakhir yang teranyar sekali pada  tanggal 2/12/2019 sebanyak 130 ASN dari esellon II, III, IV dan pengawas.

Seharusnya Bupati bersama-sama dengan sekda selaku Pimpinan tertinggi ASN di pemkab tersebut melakukan evaluasi dengan cara setiap penjabat di mulai dari esellon II, III , IV dan setara membuat uraian tugas, lalu kemudian di persentasikan agar setiap pejabat tahu mana yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dan apa yang akan di lakukan untuk kedepan, Seperti yang diterapkan sekda Provinsi Aceh saat ini, bukan dengan cara membongkar pasang setiap saat, justru hal tersebut membuat kehilangan semangat

Plt.ketua LSM Patron Bener Meriah Khaidir M. Ibra saat diwawancarai Akuratnews.com ) dikediamannya , Rabu (25/12/2019, memberi masukan tentang hal tersebut mengatakan sudah seharusnya Baperjakat dilibatkan di dalam pengodokan pejabat di Pemkab Bener Meriah.

Banyak penempatan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, seperti dokter pada dinas Pariwisata, pejabat esellon III di berikan Kepada ASN yang belum pernah sama sekali menduduki jabatan esellon IV atau setara, masih ada esellon IV yang kosong pada dinas-dinas. Dan saya berani menunjukan mana-mana pejabat tersebut, ujar Khaidir.

“Penempatan pejabat yang secara kepangkatan belum layak. Itulah tugas dari BKPP dan Baperjakat jangan mereka hanya sebagai pajangan saja “ tambah Khaidir M.Ibra yang akrab di panggil om cp tersebut.

Saat hendak di konfirmasi Akuratnews.com, kepada Bupati Bener Meriah, ternyata Bupati sedang melaksanakan ibadah Umrah. Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Bupati.

Penulis: Chaidir

Baca Juga