Italia catat 7,375 kasus Covid-19

Jakarta, Akuratnews.com - Pada Minggu (8/3), sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan penyebaran wabah coronavirus jenis baru, pemerintah Italia memutuskan untuk melakukan lock down di sejumlah wilayah bagian utara, yakni di seluruh wilayah Lombardy, Veneto (Provinsi Venezia, Padova, dan Treviso), wilayah Emillia-Romagna (Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, dan Rimini), wilayah Piedmont (Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, dan Vercelli), serta wilayah Marche (Provinsi Pesaro dan Urbino).

Italia sejauh ini mencatat 7,375 kasus infeksi dengan 366 kematian.

Dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI pada Minggu, saat ini tercatat 1.239 WNI yang menetap di sejumlah wilayah tersebut. KBRI Roma disebut telah berkoordinasi dengan otoritas setempat serta menjalin komunikasi dengan para WNI.

Hingga saat ini, Kemlu RI mengatakan belum ada WNI yang terinfeksi coronavirus jenis baru di wilayah yang di-lock down. Kemlu mengimbau para WNI untuk tetap tenang dan menetap di kediaman masing-masing sesuai dengan ketentuan otoritas setempat.

"WNI di Italia utara diimbau agar tetap tenang, mengambil langkah-langkah pencegahan, mengikuti aturan yang ditetapkan otoritas kesehatan setempat, serta terus memantau informasi yang disampaikan KBRI Roma," jelas Kemlu RI dalam pernyataannya.

KBRI Roma telah menyusun panduan langkah kontingensi dan menetapkan nomor hotline coronavirus, yaitu +39 338 923 4243, serta menyampaikan imbauan langkah-langkah pencegahan.

Penulis: Redaksi

Baca Juga