Iwan Bule Ingatkan Koordinasi Optimal Penyelenggara Pilkada Jabar

Jakarta, Akuratnews.com - Pj. Gubernur Jawa Barat Komjen Pol. M. Iriawan (Iwan Bule) berharap, para Ketua KPU Kabupaten/Kota dapat berkoordinasi optimal dengan Kepolisian setempat untuk menjamin kelancaran Pilgub 27 Juni mendatang.

Iwan bahkan meminta para penyelenggara pemilu untuk tak segan melapor padanya jika ada bagian dari pihak penyelenggara pemilu yang sulit untuk dikoordinasikan.

"Kalau ada yang susah diajak koordinasi, lapor ke Ketua KPU Provinsi atau ke Penjabat Gubernur," kata Iwan sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (20/06/2018).

Iwan melanjutkan, Pilkada merupakan pertarungan politis yang harus dipersiapkan matang-matang agar hasil yang didapat bisa berkeadilan dan dengan sesuai harapan masyarakat Jawa Barat.

"Jamin hak pemilih, pastikan betul kelancaran dan keamanan," ujar Iwan.

Mantan Kapolda DKI ini juga meminta, agar para penyelenggara pemilu bisa memastikan kesiapan pemilu sesegera mungkin. Mengingat, Jawa Barat sudah memasuki masa akhir kampanye, dan waktu pencoblosan, pemungutan, perhitungan, rekapitulasi, hingga penetapan akan segera tiba.

"Cek kalau ada hal lain yang perlu dipastikan, karena tinggal beberapa hari, tanggal 23 Juni 2018 sudah masuk masa tenang, kemudian (tanggal) 27 pencoblosan," kata Iwan.

Iwan pun menekankan agar para pihak yang bertugas menyukseskan Pilkada bekerja secara profesional karena sukses tidaknya Pilkada akan mempertaruhkan kepercayaan publik dari masyarakat.

"Jangan sampai sudah capek, sudah tidak liburan, kalau ada apa-apa kan malah dicurigai. Maka dari sekarang kalau ada apa-apa, hubungi ketua KPU, atau hubungi saya langsung," pungkasnya. (MDz)

Penulis:

Baca Juga