IZI dan MT XL Axiata Gotong Royong Bangun Kembali Jembatan Talagahiang

Lebak, Akuratnews.com - Jembatan Talagahiang di Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten sempat hancur  diterjang banjir bandang, Januari 2020. Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antar Desa Talagahiang dan Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten.

Sebelum banjir bandang melanda, jembatan Talagahiang ini mampu merangsang tumbuhnya aktivitas ekonomi warga sekitar. Kehadiran jembatan tersebut melahirkan bisnis agrowisata berupa tempat makan dan pemancingan yang berdiri di sekitar jembatan serta pinggir sungai, ada juga kehadiran keramba bagi warga beternak ikan.

Pasca bencana, warga Kecamatan Cipanas, Lebak-Banten membangun jembatan darurat menggunakan material bambu dan kayu. Bangunan penghubung tersebut hanya dapat dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Berkali-kali pula jembatan kayu dan bambu itu ikut roboh akibat tergerus aliran sungai.

Berangkat dari hal itu,Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan MT XL Axiata (MTXL) bekerjasama membangunan kembali jembatan Talagahiang. Hal ini, tak hanya membantu kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak dan Banten, tapi juga berefek bagi warga setempat terutama dalam meningkatkan ekonomi usahawan kecil-menengah serta pengguna roda empat.

“Suatu kehormatan bagi kami manajemen dan karyawan XL Axiata bisa ikut berpartisipasi membangun kembali jembatan yang menghubungkan kedua desa. Program ini sendiri merupakan sendiri berasal dari donasi karyawan, dana wakaf manajemen dan pelanggan setia PT XL Axiata,” tutur Budi Pramantika, Direktur Finance XL Axiata di lokasi peresmian, Sabtu (16/1).

Dalam kesempatan ini, Yuda Pradida, Pejabat Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih kepada XL Axiata dan IZI dengan telah dibangunnya jembatan ini. Harapannya, dengan dibangun jembatan ini akses perekonomian dan akses pendidikan bagi warga desa ini bisa berjalan lancar karena ini merupakan akses yang sangat vital bagi masyarakat.

IZI dan MTXL sendiri berupaya memudahkan aktivitas warga terdampak banjir bandang Lebak-Banten dengan meningkatkan spesifikasi bangunan jembatan penghubung tersebut agar lebih kokoh dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga