Jelang Ramadhan

IZI Sebar 7.500 Paket Sembako Untuk Kaum Dhuafa

Serang, Akuratnews.com - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menyebar 75.000 paket sembako untuk membantu memenuhi kebutuhan kaum dhuafa.

"Program ini dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan kaum dhuafa selama ramadan. Sementara ini, sudah ter-booking 7.308 paket dari jumlah paket yang tersedia," kata Direktur Utama IZI, Wildan Dewayana saat melaunching Ekspedisi Ramadan di Serang, Banten, Rabu (24/4/2019).

Kegiatan yang dinamai Ekspedisi Ramadan ini merupakan bentuk penyaluran dari program Booking Berkah Ramadhan yang telah dikampanyekan sebelumnya oleh IZI.

Wildan mengungkapkan, program ini untuk memastikan ketersediaan pangan kaum dhuafa sehingga khusyuk dalam menjalankan ibadah.

"Penyediaan pangan ini dikhususkan untuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) di seluruh Indonesia, dengan harapan agar mereka khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Rencananya bantuan tersebut akan didistribusikan di 10 wilayah 3T seluruh Indonesia yaitu Karo Singkawang (Sumatera Utara), Seluma Bengkulu, Singkawang (Kalimantan Barat), Sambas (Kalimantan Barat), Sebatik Nunukan (Kalimantan Utara), Rote Ndao (Nusa Tenggara Tengah), Dili (Timur Leste), Janeponto (Sulawesi Selatan), Pulau Seram (Maluku), Sorong (Papua Barat), Karo Sinabung (Sumatera Utara).

Selain itu IZI juga berencana menyalurkan bantuan ke Kota Liquica, Negara Timor Leste. Muslim di Liquica merupakan minoritas, hanya ada 1 Masjid Raya di Timor Leste dan hanya ada 1 sekolah Islam terbaik di Timor Leste. Di Kota Liquica sendiri jumlah penduduk muslimnya sebanyak 78 orang dari 20 kepala keluarga.

Dirut IZI mengajak kepada masyarakat luas untuk turut andil dalam membantu kaum dhuafa yang berada di wilayah 3T. "IZI membuka dan memberikan kesempatan kepada umat Islam di seluruh Indonesia untuk membantu saudara-saudaranya di wilayah 3T yang dipilih IZI sebagai tempat penyaluran paket Booking Berkah Ramadan," pungkasnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor: Luqman Haqeem

Baca Juga