IZI Targetkan 15.000 Paket Ramadhan Bagi Mustahik di Seluruh Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menargetkan 15.000 paket bantuan tersebar bagi Mustahik di 10 titik diseluruh Indonesia dalam program 'Booking Berkah Ramadhan'.

"Kita punya target 15.000 paket ramadhan se-Indonesia. Sementara realisasi kita di hari ke 8 ramadhan sejumlah 3.560 paket," kata Dirut IZI, Wildhan Dewayana kepada wartawan di Condet, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019).

Untuk penyebaran sendiri, IZI melauncing Ekspedisi Ramadan yang merupakan rangkaian kegiatan dari program Booking Berkah Ramadhan yang mana menjadi program utama IZI.

Mekanisme sasaran penerima paket ramadhan melalui 3T yaitu Tertinggal, Terdepan dan Terluar. 10 wilayah 3T yang telah dipilih IZI yaitu Sambas, Singkawang, Rote Ndao, Jeneponto, Seluma, Sorong, Sebatik Nunukan, Pulau Seram, Karo Sinabung, dan Dili.

Kami berpikir, kata Wildhan, untuk membantu keluarga-keluarga yang tidak mampu agar sejak awal ramadhan tidak lagi galau, tidak lagi resah atau bingung untuk memikirkan apa yang mereka santap untuk sahur dan berbuka. Karena bagi lapisan masyarakat ini pertanyaan dan problem besar.

"Target kita adalah per 1 ramadhan paket makanan itu surah tersedia di rumah masing-masing keluarga yang menjadi sasaran. Paket itu kita buat sedemikian rupa agar memenuhi selama satu bulan penuh, bukan untuk satu dua hari tapi untuk satu bulan penuh. Oleh karena itu kita munculkan program booking berkah ramadhan," tuturnya.

Kampanye program Booking Berkah Ramadhan telah dilakukan jauh hari sebelum datangnya bulan ramadhan agar masyarakat turut andil dalam mem-booking berkahnya bulan yang penuh maghfirah itu.

Wildhan berharap, keluarga-keluarga itu tidak lagi kebingungan untuk bisa memikirkan apa yang bisa disantap untuk kebutuhan sahur atau berbuka sehingga kemudian bisa khusyuk menjalankan ibadah dengan baik.

"Kita berharap program ini betul-betul dirasakan manfaatnya dan menjawab kebutuhan masyarakat yang menjadi target dari program ini," ungkap Wildhan.

Semnatara itu, Rizqi Rohmat yang turut melakukan Ekspedisi Ramadan di Sorong, Papua menerangkan keadaan masyarakat dan medan yang dilalui, pendistribusian Paket Ramadan di wilayah 3T sangat tepat sasaran.

"Dengan begitu penumpukan bantuan yang pernah terjadi di perkotaan tidak terulang lagi, karena tenyata masih banyak saudara-saudara di luar sana yang sangat butuh uluran tangan kita. Bahkan ada yang sama sekali belum pemah mendapatkan bantuan," tuturnya.

Ia mengungkapkan, potret mustahik di wilayah 3T kondisinya sangat memperihatikan. Kehidupan yang jauh dari perkotaan membatasi aktivitas yang dapat memajukan kehidupan mereka.

"Mudah-mudahan dengan adanya penyaluran Paket Ramadan ke daerah-daerah 3T ini semakin menambah kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang ada di pedalaman sana," harapnya.

Baca Juga