Jadi Balon Kades Mampir, Asep Supini Siap Lakukan Perubahan Usung Musyawarah

Ki-Ka : Praktisi Hukum Balon Ade Muhammad Nur SH. MH, dan Balon Kades Mampir Asep Supina, saat berada di Kantor Desa Mampir dalam rangka pendaftaran calon Kepala Desa Mampir periode 2019-2024.

Cileungsi, Akuratnews.com - Pendaftaran Calon Kepala Desa (Kades) Mampir, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, telah dibuka. Asep Supini, sebagai Bakal Calon Kades Mampir, mendatangi Kantor Desa untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon dalam perhelatan pemilihan Kades Periode 2019-2024.

Juru Bicara Balon Asep Supini, Awan Mulyawan menjelaskan, pihaknya mendaftarkan diri sebagai Calon Kades didasari niat ibadah untuk memberikan perbaikan Desa Mampir ke depan.

"Harapannya dengan berkas yang disampaikan kami bisa layak diterima sebagai calon pemilihan Kepala Desa. Ke depannya insya Allah terpilih, akan ada perubahan di desa mampir dan saya sebagai timnya merasa bangga dengan niat ibadah menjadikan Desa Mampir lebih baik," ungkapnya kepada awak media di Kantor Kepala Desa, Mampir, (19/8).

Lebih jauh, Wawan menjelaskan, untuk perubahan dan perbaikan di Desa Mampir salah satunya transparansi pembiayaan desa kepada masyarakat. Selanjutnya percepatan pelayanan kebutuhan masyarakat.

"Hal yang sifatnya untuk rakyat, insya Allah kang Asep bersama timnya melayani sebaik baiknya," katanya.

"Untuk program seratus hari, antara lain sosialisasi kesehatan, pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana di Desa Mampir dan terutama terkait dengan keterbukaan akuntabilitas desa mampir. Untuk program-program selanjutnya kita akan undang tokoh masyarakat. Insya Allah, akses musyawarah akan kita gunakan sebaik baiknya," tambahnya.

Verifikasi Berkas

Sementara itu, terkait verifikasi berkas pendaftaran Bakal Calon, Ketua Panitia Pemilihan Kades Mampir Zainal Abidin menjelaskan, panitia dalam hal ini melakukan verifikasi tahapan pendaftaran mengacu kepada payung hukum Pergub nomor 37 tahun 2019.

"Segala sesuatu sudah disampaikan oleh bakal calon, ini mungkin harus menjadi syarat pendaftaran yang selanjutnya kita akan kaji lagi apa yang menjadi kekurangan. Kita di panitia seluas luasnya memberikan informasi untuk kepentingan bakal calon," imbuhnya.

Zainal menambahkan, persyaratan kekurangan tentunya harus dilengkapi. Antara lain, syarat yang kurang dari pendaftaran hari ini seperti syarat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani serta bermaterai. Selanjutnya surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermaterai.

"Ditambah syarat pernyataan siap dicalonkan menjadi kepala desa yang ditandatangani bermaterai. Surat dari ketua pengadilan yang dikeluarkan pengadilan bahwa yang bersangkutan berdomisili. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh RS Pemerintah melalui pemeriksaan. Surat SKCK dari kepolisian," paparnya.

Menanggapi persyaratan yang menjadi kekurangan Balon Kades Mampir, Asep Supina mengatakan, siap untuk melengkapi semuanya sebelum batas waktu yang ditentukan pada tanggal 24 Agustus 2019.

"Proses pendaftaran sudah masuk, tetapi memang masih ada kekurangan untuk administratif yang telah ditentukan. Saya akan melengkapi kekurangan tersebut dalam Minggu ini. Saya yakin akan menyelesaikan persyaratan tersebut secepatnya," tegasnya.

Menanggapi kekurangan administratif terhadap kliennya saat pendaftaran, Praktisi Hukum Balon Ade Muhammad Nur SH. MH, mengatakan kelengkapan administrasi sudah menjadi ketentuan bagi calon-calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai Calon Kades. Untuk itu, pihaknya akan memenuhi aturan yang sudah disepakati dan menjadi aturan bersama.

"Kami akan mengikuti aturan yang berlaku. Untuk itu, dalam memenuhi uji seluruh kekurangan dari calon kami, akan segera kami lengkapi demi Asep Supini layak menjadi Calon Kades Mampir untuk periode 2019-2024," pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga