Jadi Guru Sehari, Bupati Abdya Ajak Generasi Muda Inovatif Kembangkan Pertanian

Abdya, Akuratnews.com - Menyikapi tingginya potensi pertanian yang telah mengungkit pertumbuhan ekonomi, Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, SH mengajak generasi muda berkompetisi kembangkan kreatifitas dan inovasi di sektor pertanian.

Ajakan ini disampaikan Akmal saat menjadi guru sehari di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Abdya di kawasan Alue Peunawa Kecamatan Babahrot, Rabu (10/3).

Diketahui, kegiatan tersebut digelar menindaklanjuti Instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK untuk pengembangan SMK Unggulan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Selain diikuti para pelajar SMK, program Bupati Mengajar itu juga diikuti sejumlah pejabat dari Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Setdakab, para Kepala SKPK, para Muspika, jajaran Guru SMK, para Pejabat desa serta sejumlah lapisan masyarakat dalam kabupaten.

"Patut kita syukuri bersama, potensi pertanian daerah kita ini cukup tinggi. Bukti dari potensi ini telah mampu menguatkan lini ekonomi kita, sehingga kita bisa sejajar dan tidak ketinggalan dari daerah lain," ujar Akmal.

Akmal mengingatkan proses penyelenggaraan pembangunan Abdya bertumpu pada sektor pertanian. Oleh karenanya Pemerintahan saat ini serius dan lebih fokus dalam pengembangan sektor pertanian.

Upaya itu telah ditunjukan dengan berbagai bukti salah satunya dengan memodernnisasi alat pertanian agar potensi 10.267 hektar lahan yang tersebar di 9 kecamatan berkembang optimal.

Tidak hanya mempercanggih alat, untuk mengembangkan sektor pertanian yang telah menggeliatkan ekonomi rakyat, Pemkab Abdya juga telah menciptakan teknik, sistem penyelenggaraan, pendukung dan tata kelola pertanian.

"Kami berharap, potensi dan dukungan yang telah diberikan ini bisa memacu masyarakat khususnya generasi muda mengembangkan kreatifitas dan inovasinya dalam memajukan sektor pertanian," asanya.

Pantauan, Bupati yang baru saja menerima piagam penghargaan dan memboyong sertifikat jengkol terbaik seIndonesia dari Kementan RI ini memberikan ilmu kepada para Pelajar SMKN 5 tentang inovasi pembuatan pupuk kompos.

Bupati yang dikenal dengan julukan sang maestro pertanian itu mengajar langsung dengan tangannya cara meracik pupuk kompos dari bahan kotoran ternak, cangkang telur, dan kulit pisang.

Penulis:

Baca Juga