Jangan Asal Pakai, Kenali Lima Kandungan Kimia Pada Skincare

Jakarta, Akuratnews.com - Varian skincare kini semakin beragam. Bila dulu saat awal mulai ramai, yang perlu dilakukan hanya tiga tahapan saja dari facial wash, sunscreen dan pelembab.

Namun seiring berkembangnya skincare, mulai muncul produk tahapan baru dari toner hingga serum. Tidak sampai di situ, bukan lagi tahapan yang ditawarkan tetapi kandungannya.

Kalian pengguna skincare pasti pernah mendengar istilah kandungan yang ramai dibicarakan dan diburu, seperti Niacinamide, Hyaluronic Acid dan lainnya.

Sebenarnya, penggunaan skincare harusnya disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Makannya tak heran jika pemilihan skincare tidak mudah dan banyak yang memperkirakan isi kandungan.

Nah, sangat penting untuk mengenali kandungan atau bahan kimia yang terdapat pada skincare berikut ulasannya yang dilansir dari doc24hour.net

1. Niacinamide

Niacinamide akhir-akhir ini sedang menjadi primadona di dunia skincare. Kandungan ini digadang-gadang memberikan manfaat yang luar biasa. Niacinamide termasuk dalam vitamin B3 dan nicotinic acid yang banyak digunakan untuk produk kecantikan.

Bisanya, kandungan ini menjadi komposisi dalam serum yang bisa digunakan saat pagi maupun malam. Manfaatnya banyak sekali seperti menyamarkan kerutan dan garis halus, menghidrasi kulit, menyamarkan noda hitam hingga menghilangkan bekas jerawat.

2. Hyaluronic Acid

Kandungan yang satu ini juga tidak kalah populer dari Niacinamide. Hyaluronic Acid atau yang dikenal dengan HA merupakan polimer glikosaminoglikan linier yang biasa ditemukan dalam matriks ekstraseluler jaringan epitel, saraf, dan ikat vertebrata.

Jadi tubuh manusia memang sudah memproduksi HA, hanya saja produksinya semakin menurun seiring bertambahnya usia. Kandungan HA biasanya terdapat pada pelembab wajah.

3. Salicylic Acid

Wajah berjerawat tentunya tidak asing dengan kandungan yang satu ini. Salicylic Acid mampu melepaskan lem yang mengikat kulit mati sampai ke dalam pori-pori dan mengurangi minyak berlebih.

Fungsi dari Salicylic Acid adalah sebagai anti-inflamasi yang membantu meredakan iritasi kulit. Hanya saja, kandungan ini berpotensi membuat kulit menjadi kering sehingga lebih cocok digunakan tipe kulit berjerawat dan berminyak.

4. Retinol

Retinol saat ini juga sedang digandrungi banyak orang. Kandungan ini merupakan salah satu turunan dari vitamin A. Retinol sendiri berfungsi mengeksfoliasi kulit.

Retinol juga mampu menyamakan warna kulit yang tidak rata. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa membantu mencegah timbulnya kerutan dan garis halus, lho.

Nah.. fungsi yang luar biasa ini tentu tidak lepas dari kekurangan. Penggunaan retinol tak bisa dilakukan setiap hari, sebaiknya tiga kali saja dalam seminggu karena dapat membuat kulit kering dan iritasi.

5. Centella

Kandungan Centella Asiatica (Propylen Glycol) juga sempat ramai beberapa waktu lalu sebelum tertutup Niacinamide dan Retinol. Kandungan ini juga dikenal sebagai daun pegagan yang mengandung saponin, flavonoid, phenolic acid dan terpenoid.

Centella Asiatica atau pegagan biasanya terdapat pada sunscreen atau tabir surya yang dapat mencegah radiasi sinar ultraviolet. Kandungan ini juga mampu mengatasi sejumlah keluhan kulit wajah seperti kulit kering, berjerawat hingga luka.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga