Jangan Lupa! Program ‘Belajar Dari Rumah’ di TVRI Resmi Dimulai Pagi Ini

Jakarta, Akuratnews.com - Hari ini, Senin (13/4), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan program 'Belajar Dari Rumah' untuk peserta didik yang sedang melaksanakan kegiatan belajar di rumah karena wabah virus Corona (Covid-19).

Hal ini dilakukan lantaran metode belajar di rumah selama ini yang banyak diakses secara online tak bisa diikuti semua peserta didik maupun pengajar. Keterbatasan mengakses platform pembelajaran online menjadi alasan utama.

Seperti diketahui, pelajaran secara online membutuhkan gadget, kuota internet dan jaringan telekomunikasi yang bagus. Sedangkan tidak semua masyarakat dan wilayah di Indonesia memiliki kemampuan yang sama dalam mengakses hal tersebut.

Karena hal itulah maka Kemendikbud memulai program 'Belajar Dari Rumah' lewat TVRI mulai Senin (13/4) pagi ini pukul 08.00 WIB. Seperti diketahui, TVRI memiliki jaringan di semua provinsi di Indonesia, sehingga bisa di akses di semua wilayah.

"Program 'Belajar Dari Rumah' merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19. Khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis,” jelas Mendikbud Nadiem Makarim, Sabtu (11/4).

Nadiem menjelaskan, program ini diadakan sebagai respons cepat Kemendikbud terhadap masukan Komisi X DPR RI pada rapat kerja 27 Maret 2020. Nantinya, 'Belajar dari Rumah' akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Konten atau materi pembelajaran akan berfokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik.

"Nantinya selain diisi dengan program pembelajaran untuk semua jenjang, 'Belajar dari Rumah' juga akan menyajikan program Bimbingan Orang tua dan Guru serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan,” jelas Nadiem.

Untuk mendukung pembelajaran selama masa wabah Covid-19, Nadiem meminta solidaritas dan dukungan seluruh pihak dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di masa darurat ini.

Ia juga berpesan kepada seluruh orang tua, tenaga pendidik, dan siswa-siswi untuk terus menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang disampaikan Kemenkes.

“Pesan saya agar baik orang tua, siswa, dan guru menjaga kesehatan masing-masing beserta keluarga sesuai protap dari Kemenkes terkait Covid-19, dan untuk mengikuti imbauan Presiden Jokowi agar belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah,” tuturnya.

Secara teknis, Plt Direktur Utama TVRI, Supriyono menyampaikan, program belajar ini akan menyiarkan materi untuk siswa SD, SMP, SMA, hingga bimbingan untuk orang tua.

“Dengan program materi belajar untuk SD, SMP, SMA, pembelajaran umum serta parenting,” jelas Supriyono.

Hal senada juga diungkapkan Plh Direktur Program dan Berita TVRI, Usrin Usman, yang menyebut konten pembelajaran ini akan difokuskan pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, hingga kecakapan hidup peserta didik yang akan dikemas secara ringan dan menghibur.

Harap dicatat, program ini tidak dapat dilihat dari streaming internet, dan hanya bisa disimak melalui siaran TV dan parabola tanpa diacak.

Program 'Belajar Dari Rumah' ini sendiri akan berlangsung setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00-23.00 WIB.

Berikut jadwal rincinya:
1. 08.00-08.30 materi PAUD
2. 08.30-09.00 materi SD kelas 1 sampai 3
3. 10.00-10.30 materi SD kelas 4 sampai 6
4. 10.30-11.00 materi SMP
5. 14.00-14.30 materi SMA
6. 14.30-15.00 materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru

Sedangkan untuk konten pembelajaran hingga malam hari akan diisi film untuk anak dan film Indonesia.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga