Suasana Pemilu 2019 di Filipina

Jaring Suara 1.683 Pemilih Terdaftar, PPLN Manila Siapkan Dua TPS

Manila, Akuratnews.com - Proses pencoblosan Pemilu 2019 di Filipina sudah dilaksanakan pada Minggu, 14 April 2019 lalu.

Masyarakat Indonesia calon pemilih di Filipina sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.00. Mereka telah mengantri untuk mendapatkan kesempatan menggunakan hak pilihnya di dua TPSLN Manila yang berlokasi di KBRI Manila.

Tercatat 1.683 pemilih terdaftar di PPLN Manila, dimana 1.309 pemilih sesuai DPT LN diharapkan hadir di TPSLN Manila hingga TPS tutup pada pukul 18.00.

Seperti dilaporkan Sekretaris PPLN Manila, 244 pemilih menggunakan metode pos sejak minggu ketiga Maret 2019 dan saat ini PPLN Manila sedang menunggu kiriman balik surat suara dari para pemilih.

130 pemilih telah menyalurkan hak suaranya melalui Kotak Suara Keliling pada 7 April 2019 di dua kampus Advent terbesar di Asia Pasifik yang berlokasi di Provinsi Cavite  yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Manila, yaitu AUP dan AIAAS.

Pengamanan oleh Tim Pengamanan KBRI Manila (Atase Pertahanan, Atase Militer, Atase Polri dan Sekabsus) dilakukan di sekeliling dan areal parkir KBRI Manila, bekerjasama dengan Kepolisian Filipina.

Tim KPU dan Tim Pokja PLN juga terlihat hadir memantau proses persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2019 di PPLN Manila.

Perhitungan suara sendiri akan dilakukan besok, Rabu, 17 April 2019 dan diharapkan dihadiri oleh masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga