Mudik Lebaran 2022

Jasa Marga Masih Diberlakukan One Way-Contraflow di Tol Cikampek Arah Jakarta

Jasa Marga Masih Diberlakukan One Way-Contraflow di Tol Cikampek Arah Jakarta
Jasa Marga Masih Diberlakukan One Way-Contraflow di Tol Cikampek Arah Jakarta

AKURATNEWS - Jasa Marga mendukung diskresi kepolisian yang masih menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa one way dan contraflow dibeberapa ruas jalan tol yang mengarah ke Jakarta imbas masih terjadi kepadatan.

"Jasa Marga mendukung pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan tol," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria melalui keterangan resminya, Jumat, 6 Mei 2022.

Tody mengupdate penerapan rekayasa lalin di sejumlah titik ruas tol yang mengarah ke Jakarta pada pukul 17.00 WIB. Berikut pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut :

1. Pemberlakuan one way dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang semula telah dibuka pada pukul 14.00 WIB, saat ini dilakukan perpanjangan pemberlakukan one way dari Km 428 Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C sejak pukul 15.00 WIB.

2. Contraflow dua lajur mulai dari Km 47 sampai Km 28+500 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah diberlakukan sejak pukul 14.27 WIB.

3. Pemberlakuan kebijakan buka tutup secara kondisional di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada beberapa titik yaitu akses masuk arah Cikampek pada GT Bekasi Timur, GT Bekasi Barat, GT Cibatu dan GT Cikarang Timur ditutup sejak pukul 10.55 WIB.

Sedangkan akses masuk dan keluar GT Karawang Barat dilakukan penutupan sementara secara situasional sejak pukul 15.12 WIB.

4. Kebijakan buka tutup sementara pada Jalan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional.

Akses masuk portal Jalan Tol Layang MBZ dari arah Kalimalang, Jatiasih dan Jatibening arah Cikampek secara kondisional telah dilakukan penutupan sejak pukul 07.30 WIB.

Arus balik mudik lebaran 2022 diprediksi mulai mengalami peningkatan pada hari ini.

Jajaran kepolisian dibantu jasa marga sudah menyiapkan berbagai rekayasa lalin untuk mengantisipasi kemacetan parah, salah satunya pemberlakuan sistem one way (satu arah) serta contraflow.

Jasa Marga sendiri mengimbau kepada pengguna jalan tol agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan.***

Penulis: Wahyu Wicaksono
Editor: Ahyar

Baca Juga