Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

Inilah 88 Kronologis Lengkap Biadabnya PKI di Indonesia

Kekejaman PKI (Foto ilustrasi)

Jakarta, Akuratnews.com -  Sejarah perkembangan brutal komunis di Indonesia adalah bagian kelam bangsa ini. Melalui Partai Komunis Indonesia (PKI), sejarah gelap berdarah-darahnya rakyat dan TNI menjadi saksi hitam berbahayanya aliran komunisme.

Melansir data yang dikirim dari Ginanjar Kartasasmita tentang PKI ini cukup membuat kita tercengang, generasi millenial harus paham dan mengerti sejarah bangsanya. "JASMERAH" (Jangan sekali-kali melupakan/meninggalkan sejarah).

Berikut data kronologis melengkapi tulisan tentang PKI Tahun 1945, 1965 s/d 1998, sebagai berikut:

A. KRONOLOGIS

1. Tanggal 8 Oktober 1945: Gerakan Bawah Tanah PKI membentuk API (Angkatan Pemuda Indonesia) dan AMRI (Angkatan Muda Republik Indonesia).

2. Medio Oktober 1945: AMRI Slawi pimpinan Sakirman dan AMRI Talang pimpinan Kutil meneror, menangkap, dan membunuh sejumlah Pejabat Pemerintah di Tegal.

3. Tanggal 17 Oktober 1945: Tokoh Komunis Banten Ce’ Mamat yg terpilih sebagai Ketua KNI (Komite Nasional Indonesia) membentuk DPRS (Dewan Pemerintahan Rakyat Serang) dan merebut pemerintahan Keresidenan Banten melalui teror dengan kekuatan massanya.

4. Tanggal 18 Oktober 1945: Badan Direktorium Dewan Pusat yg dipimpin Tokoh Komunis Tangerang, Ahmad Khoirun, membentuk laskar yang diberi nama Ubel-Ubel dan mengambil alih kekuasaan pemerintahan Tangerang dari Bupati Agus Padmanegara.

5. Tanggal 21 Oktober 1945: PKI dibangun kembali secara terbuka.

6. Tanggal 4 November 1945: API dan AMRI menyerbu Kantor Pemda Tegal dan Markas TKR, tapi gagal. Lalu membentuk Gabungan Badan Perjuangan Tiga Daerah untuk merebut kekuasaan di Keresidenan Pekalongan yg meliputi Brebes, Tegal, dan Pemalang.

7. Tanggal 9 Desember 1945: PKI Banten pimpinan Ce’ Mamat menculik dan membunuh Bupati Lebak R. Hardiwinangun di Jembatan Sungai Cimancak.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Penulis: Hugeng Widodo

Baca Juga