Jatuh Cinta pada Pesona Padang Sabana Ma’usui di Manggarai Timur

Mulyanto, Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur pose di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

AKURATNEWS - Senin, 14 Maret 2021, Saya mendapatkan kiriman pesan singkat via WhatsApp dari kenalan saya di Jakarta Timur, namanya Mas Mulyanto.

"Pulau Flores khususnya Manggarai Timur ini menyimpan sejuta pesona alam sangat indah. Pesona padang Sabana Ma'usui ini sungguh menakjubkan. Terima kasih Mas Marto telah merekomendasikan tempat ini untuk kami kunjungi," demikian tulis pesan singkat WhatsApp Mas Mulyanto disertai beberapa foto.

Mulyanto, Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur pose di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

Mulyanto mengunjungi Padang Ma'usui tempatnya di Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, bersama seorang sahabatnya dalam suatu misi petualangan yang Ia sebut Tour The Flores.

Menariknya, misi petualangan tersebut, Ia bersama sahabatnya, berkeliling di Palau Flores menggunakan kendaraan bermotor: Motor Gede alias Moge.

Pose kendaraan Moge Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

"Tadi Kami menuju Ma'usui menggunakan sepeda motor dari Kota Waelengga, saya melewati perkampungan Leko Lembo dan terus melaju ke hamparan padang. Sangat indah," tulisnya.

"Mas, Kami tidak jadi Camping di Padang Ma'usui karena melanjutkan perjalanan menuju Danau Kelimutu di Ende. Lain kali saja Kami bermalam di Padang Ma'usui. Tahun depan kami akan datang lagi mas bersama rombongan lebih banyak," pesan singkat Mulyani via WhatsApp.

Mulyanto, Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur pose di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

Mas Mulyanto adalah kenakan yang tanpa sengaja saya jumpai di salah satu rumah makan di Kota Borong, Minggu malam. Ia datang bersama sahabatnya dalam suatu misi petualangan di Pulau Flores, "Saya datang bersama seorang teman, Mas," jelasnya Mas Mulyanto sembari menikmati cita rasa khas kopi Manggarai Timur.

Mulyanto menjelaskan, sebelumnya hanya mendengar cerita tentang pesona alam di pulau Flores dari pemberitaan di berbagai kanal media lokal di NTT.

Pose Moge milik Mulyanto, Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

"Ini kunjungan pertama kali ke Flores Mas. Rencananya Kami akan mengelilingi Paula Flores. Kemarin tiba di Labuan Bajo, Kami langsung bergeser menuju ke Danau Wae Sano. Dalam agenda, kami harus melihat Wae Rebo dulu sebelum ke Borong tapi karena cuaca kurang baik akhirnya Kami langsung ke Borong. Tadi siang singgah makan di Ruteng," kata mas Mulyanto.

Untuk diketahui, kampung Leko Lembo di sepanjang jalan menuju Ma'usui, dipadati masyarakat suku Rongga. Selain sebagai petani dan nelayan, warga di Leko Lembo sebagiannya pengembala kuda, sapi, dan kerbau di Padang Sabana Mausui.

Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur pose di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

Pengunjung, ketika tiba di Padang Ma'usui, pasti bertemu dengan Alo Paka, seorang warga Leko Lembo yang kesehariannya menjalankan rutinitas sebagai seorang penggembala Kuda, Sapi, dan Kerbau dari kawasan Padang Ma'usui, sepanjang bibir Pantai Mbolata sampai Tanjung Bendera. Ia sangat lincah menunggang kuda.

Pose Moge Wisatawan Tour The Flores asal Jakarta Timur di Padang Sabaana Ma'usui, Kota Komba, Manggarai Timur. || Foto: Dok. Pribadi.

"Untuk menggembalakan sapi, kuda, dan kerbau tak sanggup dengan berjalan kaki karena hamparan padang Sabana Mausui sangat luas," jelas Bapak Alo Paka saat dijumpai di Ma'usui belum lama ini.***

Penulis:

Baca Juga