Diklaim Sudah Dapat Restu DPRD

Jawa Barat Pun Segera Pindah Ibukota

Bandung, Akuratnews.com - Seperti ingin mengikuti jejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memutuskan memindahkan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), kini giliran Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ingin memindahkan Ibukota Jawa Barat.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini punya alasan mengapa dirinya ingin memindahkan Ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung.

Alasannya, kata Emil, secara fisik Kota Bandung tidak cocok lagi untuk menjadi pusat pemerintahan.

"Sama seperti Jakarta sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan karena kantor pemerintahannya kan di mana-mana sehingga tidak produktif," kata Ridwan Kamil di Bandung, Jabar, Kamis (29/8).

Emil mengklaim sudah mendapat restu dari DPRD Jabar untuk melakukan pengkajian. Kajian pemindahan ibukota tersebut akan dilakukan dalam enam bulan ke depan.

"Kajian akan dilakukan di tiga tempat selama enam bulan ke depan," ujar dia.

Ada tiga wilayah yang disebutnya menjadi kandidat Ibukota baru Jawa Barat. Tiga wilayah itu adalah Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan wilayah Rebana di Cirebon-Patimban-Majalengka.

Dia mengklaim sudah mendapat restu dari DPRD Jabar untuk melakukan pengkajian di tiga lokasi tersebut.

"Termasuk persetujuan (DPRD) pemindahan ibu kota pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi ada di Tegalluar, di Walini, dan di Rebana juga," kata Emil.

Kajian yang akan dilakukan meliputi kajian luasan lahan, risiko kebencanaan, aksesibilitas, ekonomi, hingga ketersediaan air.

Meski begitu, ia tak menutup kemungkinan akan adanya wilayah lain di Jawa Barat akan diusulkan sebagai kandidat ibukota.

"Terbuka sebenarnya tapi sementara tiga tempat itu," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga